Senin, 31 Mei 2010

Teks Edit or vi

Teks Edit or vi
Editor VI merupakan editor berbasis text yang banyak digunakan pemakai UNIX. Pemakai dapat
mengedit text dan menggerakkan kursor ke bagian layar yang ingin diedit. Pemakai yang baru pertama kali menggunakan editor ini biasanya akan mengalami kesulitan, dikarenakan tidak tersedianya menu atau petunjuk yang nyata jelas terpampang di layar. Perintah-perintah pada editor VI memang harus dihafalkan syntaxnya. Jika sudah terbiasa menggunakannya, pemakai bisa merasakan kegunaannya yang dalam pekerjaan editting.

Generasi Bahasa

Generasi Bahasa
I. Bahasa Mesin
II. Bahasa Assembly
III.Bahasa Tingkat Tinggi(Fortran, Cobol) : - Programmer dapat memberikan code            
                                                                                program dengan tanpa pengetahuan instruksi
                                                                                mesin dan register.
                                                                             - Memerlukan sejumlah besar baris code         
                                                                                untuk system komersial dan di design untuk
                                                                                user Profesional.
IV. Bahasa Generasi Keempat (4GL)
Tujuan : - untuk mempercepat proses pembuatan aplikasi.
                - untuk mempermudah aplikasi dan mempercepat perubahan mengurangi harga
                   perawatan.
                - meminimalkan problem debugging.
                - membuat bahasa lebih dikenal.
                - 4GL bergantung basis data dan kamus data.
Bahasa generasi III: - bervariasi sintaxnya.
                                    - konstruksi sama pada umumnya.
Bahasa generasi IV : Bahasa Generasi Kelima AI
- memberikan code pengetahuan yang kompleks sehingga suatu mesin mungkin dapat menggambarkan kesimpulan.
- mengerjakan processor parallel yang tinggi. Bahasa Prosedural vs Bahasa Non Prosedural
- Prosedural, Bagaimana suatu diselesaikan.
- Bahasa Non Prosedural, Apakah yang akan diselesaikan.
Hampir semua bahasa query, paket grafik untuk non prosedural.
Bahasa 4GL berkekuatan di query dan bahasa pemograman tingkat tinggi.
Bahasa generasi III hampir dapat membuat semua aplikasi, 4GL hanya untuk tugas
tertentu saja.
Batasan Pilihan
Feature pada setting generasi berbeda.
Dialog satu dimensional:
- Komputer saling menukar karakter stream dengan pemakai.
- Tombol pemakai merupakan perintah dan operasi pada komputer.
Dialog dua dimensional:
- Pemakai merespon pada layar.
- mengambil, memasukkan data/item pada layar.

Mengenal LAN

Mengenal LAN
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang
mengatur komunikasi data komputer di internet. Komputer-komputer yang terhubung ke internet
berkomunikasi dengan protokol TCP/IP, karena menggunakan bahasa yang sama perbedaan jenis komputer dan sistem operasi tidak menjadi masalah. Komputer PC dengan sistem operasi Windows dapat berkomunikasi dengan komputer Macintosh atau dengan Sun SPARC yang menjalankan solaris. Jadi, jika sebuah komputer menggunakan protokol TCP/IP dan terhubung langsung ke internet, maka komputer tersebut dapat berhubungan dengan komputer di belahan dunia mana pun yang juga terhubung ke internet.
Ciri-ciri jaringan komputer:
1. berbagi perangkat keras (hardware).
2. berbagi perangkat lunak (software).
3. berbagi saluran komunikasi (internet).
4. berbagi data dengan mudah.
5. memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server.
Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebaga workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, di mana masing-masing akan dijelaskan.

Rabu, 26 Mei 2010

TUGAS SISTEM OPERASI TEKNOLOGI PENGELOLAH PERANGKAT INPUT OUTPUT

TUGAS SISTEM OPERASI
TEKNOLOGI PENGELOLAH PERANGKAT INPUT OUTPUT




Di Susun Oleh :
Nama : Rizkia Assani (11108724)

UNIVERSITAS GUNADARMA
2010

Sistem komputer (computer system), terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras dan perangkat lunak harus bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem, yaitu sistem komputer. Perangkat keras (H/W), sebagai sub sistem komputer juga mempunyai komponen, yaitu :
1. Komponen alat masukan (input device)
2. Komponen alat pemroses (processing device)
3. komponen alat keluaran (output device)
4. Komponen alat simpanan luar (storage)
Dalam komputasi, input / output, atau I / O. Input sinyal atau data diterima oleh sistem, dan output adalah sinyal atau data yang dikirim dari itu. Istilah ini juga dapat digunakan sebagai bagian dari suatu tindakan, untuk "melakukan I / O" adalah untuk melakukan operasi input atau output. Perangkat I / O yang digunakan oleh seseorang (atau sistem lain) untuk berkomunikasi dengan komputer., Contohnya : keyboard atau mouse dapat menjadi perangkat input untuk komputer, sementara monitor dan printer dianggap perangkat output untuk komputer. Perangkat untuk komunikasi antar komputer, seperti modem dan kartu jaringan, biasanya melayani untuk kedua input dan output.
I / O tergantung pada perspektif mengubah sinyal-sinyal bahwa pengguna manusia bisa melihat atau membaca. Untuk pengguna proses membaca atau melihat representasi ini adalah menerima masukan. Interaksi antara komputer dan manusia dipelajari dalam bidang yang disebut interaksi manusia-komputer. CPU dan memori utama dianggap sebagai otak dari komputer, dan dari sudut pandang adanya transfer informasi dari atau ke kombinasi itu, misalnya untuk atau dari disk drive, dianggap I / O. CPU dan sirkuit pendukungnya menyediakan memori-mapping I / O yang digunakan dalam pemrograman komputer tingkat rendah dalam pelaksanaan driver perangkat. Sebuah I / O merupakan salah satu algoritma yang dirancang untuk mengeksploitasi lokalitas dan melakukan efisien bila berada pada penyimpanan data sekunder, seperti disk drive.
I / O Interface diperlukan setiap kali I / O device didorong oleh prosesor. Antarmuka harus memiliki logika yang diperlukan untuk menafsirkan perangkat alamat yang dihasilkan oleh prosesor. Handshaking harus dilaksanakan oleh antarmuka menggunakan perintah yang sesuai seperti (Sibuk, SIAP, WAIT), dan prosesor dapat berkomunikasi dengan I / O device melalui antarmuka. Khusus I / O monad, yang memungkinkan program untuk hanya menguraikan I / O, dan tindakan yang dilakukan diluar program. Hal ini penting karena I / O fungsi akan memperkenalkan efek samping untuk setiap bahasa pemrograman, tapi sekarang pemrograman fungsional murni praktis. Berikut alamat yang dapat disimpan dalam register. Instruksi akan memiliki register yang memiliki alamat tersebut. Jadi untuk mengambil data, instruksi harus mendaftar didekode sesuai dipilih. Isi register akan diperlakukan sebagai alamat menggunakan alamat lokasi memori yang sesuai dipilih dan data dibaca / ditulis. Port-mapping I / O biasanya memerlukan penggunaan instruksi yang secara khusus dirancang untuk melakukan I / O operasi.

Pengelolaan I/O :
• Tugas utama komputer adalah: Pemrosesan CPU, pemrosesan I/O
• Peran OS dalam pengelolaan I/O: Mengelola dan mengontrol operasi I/O serta
perangkat I/O
• Fungsi pengelolaan I/O : Hardware : port, bus, device controller, software
I/O adalah modul device driver

Perangkat I/O: Kategori :
• Perangkat block: disk drives
– Perintah: read, write, seek
– Akses I/O mentah atau file-system
– Memungkinkan akses file memory-mapped
• Perangkat karakter: keyboards, mouse, serial ports

Perangkat I/O: Kategori :
• Perangkat jaringan:
– Cukup berbeda dengan perangkat blok dan karakter sehingga memiliki antarmuka sendiri
– Unix dan Windows/NT memiliki antarmuka socket
• Memisahkan protokol jaringan dari operasi jaringan
• Meliputi fungsionalitas select

Perangkat I/O: Kategori :
• Clock dan timer:
– Menyediakan informasi current time, elapsed time, timer
– waktu interval programmable digunakan untuk timing, periodic interrupts
– ioctl (pada UNIX) mencakup aspek I/O seperti clock dan timer

Perangkat I/O: Komponen :
• Port: titik koneksi untuk komunikasi perangkat I/O dgn komputer
• Bus: jalur yang digunakan bersama oleh satu/lebih perangkat

Perangkat I/O: Komponen :
• Controller:
– Tugas controller:
• Mengkonversi aliran bit serial ke blok byte
• Melakukan koreksi kesalahan jika diperlukan
• Membuat data dapat diakses oleh memori utama
– Jenis controller:
• Serial-port controller
• SCSI controller
• Built-in controller (mis. disk controller)

Perangkat I/O: Alamat
• Perangkat memiliki alamat, yang digunakan oleh:
– Instruksi Direct I/O
• perangkat memiliki alamat khusus yg terpisah dari alamat memori
• Akses terhadap perangkat I/O menggunakan alamat perangkat tsb
– Memory-mapped I/O
• Perangkat memiliki alamat lojik pada memori utama
• instruksi load/store dapat digunakan untuk mengakses register perangkat �� efisiensi tipe instruksi pada prosesor

Teknik I/O
• Polling
• Interrupt
• Direct Memory Access (DMA)

Teknik I/O: Polling
• Device driver melakukan query status perangkat:
– command-ready
– busy
– error
• Siklus busy-wait menunggu selesainya I/O oleh perangkat

Teknik I/O: Interrupt
• Perangkat I/O mentrigger interrupt CPU menandakan selesainya operasi I/O
• Interrupt handler menerima interrupt
• Maskable dilakukan untuk mengabaikan atau menunda beberapa interrupt
• Interrupt vector untuk mengarahkan interrupt kehandler yang sesuai
– Sesuai prioritas
– Beberapa interrupt tidak dapat di-mask
• Mekanisme interrupt juga digunakan untuk Eksepsi

Teknik I/O: DMA
• DMA controller mem-bypass CPU untuk melakukan transfer data antara perangkat I/O dan memori secara langsung
• Digunakan untuk menghindari sibuknya CPU melakukan perpindahan data ukuran Besar

Software I/O: Issue
• Device independence
– Program dapat mengakses perangkat I/O apapun
– Tanpa perlu menspesifikasikan perangkat terlebih dahulu (floppy, hard drive, or CD-ROM)
• Penamaan yang seragam : nama file/perangkat berupa string atau integer, tidak tergantung pada mesin

Software I/O : Issue
• Transfer synchronous vs asynchronous
– Transfer blocked vs interrupt-driven
• Perangkat dapat digunakan bersama vs eksklusif
– disks dapat digunakan bersama
– tape drive tidak dapat digunakan bersama
• Spooling – menyimpan output untuk perangkat
– Jika perangkat hanya bisa melayani satu permintaan pada satu saat

Software I/O : Issue
• Buffering
– Mengatasi perbedaan kecepatan perangkat
– Mengatasi perbedaan ukuran pengiriman antar perangkat
– Menjaga “copy semantics”
• Caching - fast memory utk menyimpan salinan data
– Hanya berupa salinan, meningkatkan performansi

Software I/O: Penanganan Error
• Kegagalan yang mungkin terjadi pada operasi I/O:
– Pembacaan disk
– Penulisan
– Perangkat tidak dapat diakses
• OS dapat memulihkan dari kegagalan tsb
• Biasanya mengembalikan error# jika terjadi kegagalan I/O
• Log system error menyimpan laporan masalah yang terjadi

Software I/O: Interrupt Handler
• Interrupt handlers sebaiknya disembunyikan
– Menyebabkan driver yang memulai operasi I/O diblok sampai interrupt memberi tahu bahwa operasi telah selesai
• Prosedur interrupt melakukan tugasnya,
– Kemudian melakukan unblock driver yang Memulainya

Software I/O: Interrupt Handler
• Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh software setelah interrupt selesai:
1. Simpan isi register yg belum disimpan oleh interrupt hardware
2. Membangun konteks utk ISR (interrupt service routine)
3. Membangun stack untuk ISR
4. Ack interrupt controller, enable-kan kembali interrupts
5. Salin register dari tempat asalnya
6. Jalankan ISR
7. Set up konteks MMU untuk proses berikutnya yang akan dijalankan
8. Load register dari proses baru
9. Mulai menjalankan proses baru

Software I/O: Device Independent
• Fungsi:
– Antarmuka yang seragam untuk berbagai device drivers
– Buffering
– Error reporting
– Pengalokasian dan pelepasan perangkat, menyediakan ukuran blok yang bersifat deviceindependent

Performansi
• I/O merupakan faktor yang sangat
berpengaruh terhadap performansi sistem
– Memerlukan CPU untuk mengeksekusi software
I/O (mis. interrupt handle, device driver, dll)
– Melakukan context switch karena adanya
interrupt
– Context switches due to interrupts, penyalinan data

Performansi
• Untuk meningkatkan performansi:
– Mengurangi banyaknya context switch
– Mengurangi penyalinan data
– Mengurangi interrupt dengan melakukan transfer data skala besar, controller cerdas,
atau polling
– Menggunakan DMA
– Menyeimbangkan performansi CPU, memori, bus, dan I/O untuk memperoleh throughput

Referensi :
• http://en.wikipedia.org/wiki/Input/output
• http://ilmukomputer.org/2008/06/01/input-output-io/
• http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:yBtuVmX3iJcJ:rahmiati.stmik-amik-riau.ac.id/upload/Manajemen%2520IO.pdf+pengelola+input+output&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEEShCBrP-RYooz1DNsMC-i0tawYkTcUoOz4Ng57t3EuIqvmEI5ia04iGLgjGk_hbHf-XF1xrFlHNZ7o53lAifVpshiwePwIco0y4rlN5umy4kcacy-mv9frs9b6vLCN8yjUbY9uo3&sig=AHIEtbSr2hBlKTIGJwBNyHsw4zN4XCWkpg

Minggu, 16 Mei 2010

GOOGLE DAN LINUX

Hanya sekedar informasi

          Google menggunakan linux. Facebook menggunakan linux. Amazon Web Services (AWS) menggunakan linux. Google sudah menginvestasikan banyak uang di infrastrukturnya yang berbasis Linux untuk menyediakan layanan populer seperti Gmail, GoogleDocs, GTalk, Google dan Google CalendarGoogle. Linux, MySQL dan tehnologi open source lainnya dipilih Google untuk memberikan layanan berbasis web terbaik dan tercepat.

          Facebook menciptakan situs jejaring sosial paling populer dengan lebih 350 juta pengguna berbasiskan pada Linux dan tehnologi open source seperti PHP, memcached, MySQL dan lainnya. Xen – virtualisasi berbasis Linux – menjadi pilihan Amazon untuk menjalankan bisnisnya yang perlu uptime 100%.

LINUX Vs WINDOWS

LINUX Vs Windows




Nama : Rizkia Assani
NPM : 11108724
Kelas : 2KA06

Universitas Gunadarma
2010

              Banyak yang belum mengetahui apa itu Linux, apalagi mempelajari sejarahnya,
tidak adil rasanya jika kita membandingkan kedua OS (Sistem Operasi), tanpa mempelajari linux terlebih dahulu, ini merupakan artikel yang membahas tentang sejarah Linux agar kita mengetahui lebih dekat kemudian kita perbandingkan dengan sistem operasi yang sudah lebih dulu ada, yaitu windows

sejarah linux

Linux adalah salah satu sistem operasi yang baru yang akhir-akhir ini menyita banyak perhatian para pengguna komputer di seluruh dunia

Sejarahnya Adalah seorang mahasiswa berkebangsaan Filandia yaitu “Linus Torvalds” demikianlah nama penemunya. Tak heran jika Linux dipakai menjadi nama operating system seperti nama penemunya. Agustus 1991, Linus mengerjakan versi 0.01. Dan pada tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 5 October 1991, secara resmi meluncurkan versi 0.02.
Banyak versi yang diluncurkan oleh linux yaitu diataranya : ubuntu, kubuntu, open suse, debian, dll
yang saya bahas kali ini adalah sejarah dari linux ubuntu

Sejarah Linux Ubuntu.
Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni “Humanity to Others” yang berarti “Kemanusiaan Untuk Sesama”. Atas dasar itulah diluncurkannya Linux Ubuntu yang dirilis pada tahun 2004. Sistem operasi ini adalah merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yakni Debian.

Ubuntu itu sendiri dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa adanya biaya lisensi, bersifat open source (kode terbuka), dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi yang stabil. Ubuntu didukung oleh perusahaan bernama Canonical, Ltd yang memiliki tujuan untuk membantu perkembangan, distribusi, dan promosi dari produk-produk yang bersifat open source (kode terbuka). Perusahaan ini bermarkas di Eropa dan dipimpin oleh seseorang bernama Mark Shuttleworth.

Sejak pertama kali diluncurkan, Ubuntu mendapat perhatian yang sangat besar dari pengguna Linux yang lain. Hal ini disebabkan karena kestabilan yang dimiliki oleh Ubuntu itu sendiri. Selain itu kenyamanan dan kemudahan yang dimiliki Ubuntu menjadi daya tarik yang besar bagi pengguna Linux di seluruh belahan dunia. 

Adapun versi Ubuntu yang telah dirilis dan telah beredar :
1) Versi 4.10 (Warty Warthdog).
2) Versi 5.04 (Hoary Hedgedog).
3) Versi 5.10 (Breezy Badger).
4) Versi 6.06 (Drapper Drake).
5) Versi 6.10 (Edgy Eft).
6) Versi 7.04 (Feisty Fawn).
7) Versi 7.10 (Gutsy Gibbson).

Beberapa waktu yang lalu, Ubuntu telah meluncurkan versi terbaru mereka yakni Ubuntu 9.10

Linux itu sangat mudah di gunakan dan sistem operasinya bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux, Linux mudah digunakan.

Mungkin dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun kini, pandangan ini salah besar sekarang tidak lagi seperti itu. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows, hanya saja berbeda cara menginstalnya.

Dan lagi hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux, Contohnya dengan WINE.

Keamanan pada Linux lebih unggul daripada Windows, mungkin hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, seperti : spyware, trojan, adware, dsb, namun pada linux hal ini, hampir tidak terjadi.

Berikut merupakan perbandan instalasi windows7 dan Linux

PERBANDINGAN
Windows 7
PCLinux3D
Pemenang
Instalasi
Menginstal Setengah jam dengan sedikit program
yaitu :
=> IE
=> Media Player
=> Notepad
=> Paint

Sama Setengah jam menginstal dengan banyak program terinstal lengkap yaitu :
=> Office suite
=> Game
=> Animation
=> 3D Suite
=> Video Studio
=> Graphic Editing
=> Internet Suite
=> Development Tool dll
Linux
Keamanan
=> Dalam windows masih perlu memakai program anti virus
=> Sepertinya tidak ada virus tapi Sekalipun ada anti virus, tapi tidak terlalu diperlukan
Linux
Kemudahan
=> Internet+VGA+Sound autoinstal
=> Printer+Scanner autodetect tapi tidak autoinstal
=> Flash Player install manual
=> Internet+VGA+Sound autoinstal
=> Printer+Scanner autoinstal
=>Flash Player pre-install (siap pakai)

Linux
Kenyamanan
=> Harddisk jadul IDE 10 Gb tidak terdeteksi, data tidak bisa diambil alias tidak bisa digunakan untuk bekerja
=> Harddisk Sata dan harddisk IDE jadul terdeteksi dengan baik
Linux
Keindahan
=> Visual OK tapi tidak punya fitur 3D Desktop
=> Visual OK dan full 3D desktop KERREN..
Linux
Produksi
=> InterLOKAL (luar negeri boros devisa “mubazir”)
=> LOKAL (dalam negeri … HEMAT devisa)
Linux
Harga
=> Masih gratis, tapi sepertinya sebentar lagi perlu keluar jutaan rupiah untuk menggunakannya dimana-mana windows BAYAR
=> Lebih murah 80% dan sudah disertai dengan Buku Panduan plus training gratis
Linux

Perbandingan Linux VS Windows yang saya dan banyak orang alami langsung

Kriteria
Windows
Linux
Kemudahan
Lebih mudah, karene sudah terbiasa (windows lebih dulu ada)
Lebih sulit karena belum terbiasa dan belum banyak orang menggunakan linux
Virus
Mudah terserang virus dan harus menggunakan anti virus
rasanya belum pernah oleh virus jadi buat apa anti virus???
Harga
Relatif Mahal
Relatif Murah (gratis)
Internet
Lambat (agak lambat lebih tepatnya)

Relatif lebih cepat
dibanding windows
Penggunaan Printer
Mudah dalam instalasi tapi sering bermasalah
Agak rumit dalam menginstalasi, tapi hampir tidak pernah ada masalah

“ hm…, artikel ini hanya untuk bahan perbandingan dan menambah pengetahun pembaca, tidak ada maksud mengninggikan atau merendahkan satu sama lain.”

DAFTAR PUSTAKA
http://www.pclinux3d.com/linux/mengapa-google-facebook-dan-amazon-menggunakan-linux.html
http://linux.or.id/node/2727
http://linux.or.id/node/2679
http://www.pclinux3d.com/tips-linux/tips-windows/kompatibilitas-hardware-dan-software-di-windows-7-dan-pclinux3d.html
http://www.acehforum.or.id/kelebihan-linux-t23347.html