Jumat, 25 Juni 2010

Enkripsi

                 Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Pengetahuan yang mempelajari tentang enkripsi adalah kriptografi. Yang dimaksud dengan kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data. Namun, tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi. Enkripsi erat kaitannya dengan dekripsi, untuk itulah muncul istilah kriptanalisis. Kriptanalisis adalah ilmu dan seni untuk memecahkan informasi yang telah dienkripsi tanpa mengetahui kunci yang digunakan. Pelaku kriptanalisis disebut dengan kriptanalis.

                Tujuannya adalah Enkripsi merupakan upaya untuk mengamankan data/informasi, meskipun bukan merupakan satu-satunya cara untuk mengamankan data/informasi. Adapun tujuan dari enkripsi adalah sebagai berikut:
a. Kerahasiaan
Yaitu untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka informasi yang telah dienkripsi.
b. Integritas data
Untuk menjaga keaslian/keutuhan data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.
c. Autentikasi
Ini berhubungan dengan identifikasi/pengenalan, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus diautentikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain-lain.
d. Non-repudiasi/Nirpenyangkalan
Adalah usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman/terciptanya suatu informasi oleh yang mengirimkan/membuat.


Kamis, 10 Juni 2010

Pembuatan FORM dengan 4GL

Pembuatan FORM dengan 4GL
Screen FORM adalah media yg digunakan untuk input & output variabel pada program 4GL , juga digunakan sebagai penghubung data secara interaktif untuk menghapus , mencari & memodifikasi data .
Sebelum digunakan pada program, screen form harus dibuat & dicompile terlebih dahulu. Spesifikasi file FORM
File FORM pada Informix-4GL terdiri atas 3 bagian (section)
yaitu :
DATABASE : Untuk mengidentifikasi database (jika digunakan)
SCREEN   : Untuk mengidentifikasi ukuran (dimensi), field tags, & tampilan dari form
TABLE (bersifat optional) : Untuk mengidentifikasi table (jika digunakan) yg berhubungan dengan field yg digunakan dalam form
ATTRIBUTE : Untuk mengidentifikasi spesifikasi & kegunaan setiap field pada setiap form seperti tampilan pada layar, komentar dsb.
INSTRUCTION (bersifat optional) : Mengidentifikasi field delimiter, screen record & screen array.

 Tampilan menu FORM pada 4GL
 
Struktur umum form (sama dengan struktur form pada ISQL, hanya pada 4GL ada tambahan INSTRUCTION)

Database {nama database| formonly}
Screen section
{
[text] [field_tag] [char_graphics]
}
end
Tables [nama table]
Attributes
Field_tag = table.column [,type]
End
[Instruction
[delimiter [] ]
[screen record nama_record [n]
({table.*
| table.column1 THRU table.column2})
..]
[end]

Pembuatan form dapat dilakukan dari isql atau r4gl , khusus jika ada instruction, peng-compile-an harus dilakukan melalui r4gl.

#contoh form yg menggunakan instruction
database pelanggan
screen size 24 by 80
{\g--------------------------------------------------------\g
FORM PELANGGAN
Nomor pelanggan : [f000 ]
Nama pelanggan : [f001 ]
A l a m a t : [f002 ]
K o t a : [f003 ]
Jumlah tagihan : [f004 ]
\g-------------------------------------------------------\g
}
end
table customer
attributes
f000 = customer.no;
f001 = customer.nama;
f002 = customer.alamat;
f003 = customer.kota;
f004 = customer.tagihan;
end
INSTRUCTION
SCREEN RECORD r_cust (customer.nama THRU customer.tagihan)
End

Selasa, 08 Juni 2010

PROSES PERANCANGAN DATABASE


PROSES PERANCANGAN DATABASE

Sistem Daur Hidup Aplikasi Database
1.       Pendefinisian Sistem
ð     Pendefinisian dari ruang lingkup system database, pemakainya dan aplikasinya
2.     Perancangan Database
ð     Perancangan model konseptual database
ð     Perancangan model logika database
ð     Perancangan fisik database
3.     Implementasi
ð     Pembuatan file database
ð     Penerapan aplikasi perangkat lunak
4.     Pengisian dan konversi data (loading)
ð     Pengisian data ke dalam database
ð     Pengkonversian data dari file lama ke file baru
5.     Konversi Aplikasi
ð     Aplikasi Software dari system lama ke system baru
6.     Testing dan Validasi
ð     Sistem baru di tes dan di validasi
7.     Operasi
ð     Pengoperasian system database dan aplikasinya
8.     Monitoring dan Pemeliharaan
ð     Pengontrolan dan pemeliharaan

Perancangan Database
Perancangan database akan mendukung pengoperasian-pengoperasian dan tujuan dari organisasi

Tujuan Perancangan Database
Ø      Untuk menyajikan data dan hubungan antar data yang diperlukan oleh pemakai dan aplikasi
Ø      Untuk mempermudah pemahaman informasi
Ø      Untuk melengkapi model data yang mendukung transaksi-transaksi yang diperlukan
Ø      Untuk mendukung proses permintaan dan performance seperti waktu respon, waktu proses dan tempat penyimpanan

Fase-fase dari proses Perancangan Database
  1. Pengumpulan dan analisis permintaan
  2. Perancangan model konseptual database
  3. Pemilihan DBMS
  4. Perancangan model logical database
  5. Perancangan fisik database
  6. Implementasi database

Fase-1. Pengumpulan dan analisis Permintaan-permintaan

Fase ini meliputi pengumpulan dan analisis permintaan dari para pemakai maupun area aplikasi.

Aktifitas-aktifitas yang dilakukan dalam fase ini:
ð     Mengidentifikasikan kelompok dari pemakai dan area aplikasi
ð     Mempelajari dokumen-dokumen yang ada
(bentuk-bentuk formulir, laporan, aturan-aturan)
ð     Menganalisis lingkungan operasional dan pemrosesan permintaan
ð     Mengadakan questioner dan interview

Fase-2. Perancangan Model Konseptual Database
ð     Fase ini meliputi penyajian data dan hubungan-hubungannya yang disimpan dalam database
ð     Model data ini terpisah dari detail implementasi seperti DBMS yang digunakan, program aplikasi dan perangkat kerasnya.

Pada fase ini dilakukan 2 aktifitas:
a.    Perancangan skema konseptual
Aktifitas- aktifitas yang dilakukan:
ð     Mengidentifikasi tipe entity, atribut-atributnya serta keterhubungan antar entity
ð     Menentukan key dari atribut-atribut tersebut
ð     Menentukan cardinaliti ratio dan participation constraint
ð     Bila diperlukan ditambahkan spesialisasi atau generalisasi

Terdapat 2 macam pendekatan:
  1. Perancangan skema tersentralisasi
ð     Semua permintaan user dan aplikasi dirancang menjadi satu kesatuan. Autorisasi tersentralisasi oleh DBA.
ð     DBA bertanggungjawab penuh dalam perancangan
ð     Diperlukan perancang database yang ahli dan memahami permintaan-permintaan untuk setiap pemakai
  1. Perancangan skema integrasi
ð     Setiap kelompok pemakai dapat merancang database meraka sendiri-sendiri
ð     Setelah skema konseptual database terbentuk, proses integrasi dilanjutkan oleh DBA
ð     Pembentukan entity-entity, atribut-atribut dan domain harus jelas dan seragam pada setiap user group

Strategi-strategi pada perancangan skema:
  1. Top Down Strategi
ð     Perancangan dimulai dari pendefinisian tipe-tipe entitynya terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan ketehubungannya beserta atribut-atributnya
ð     Pendefinisian tipe entity dari lebih tinggi ke tipe yang lebih rendah. Contoh : menggunakan spesialisasi


  1. Bottom Up Strategi
ð     Perancangan dimulai dari pendefinisian atribut-atribut terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan keterhubungannya beserta atribut-atributnya
ð     Pendefinisian tipe entity dari lebih rendah ke tipe yang lebih tinggi. Contoh : menggunakan Generalisasi
  1. Inside-Out Strategi
ð     Special kasus dari Bottom Up Strategi dimana difokuskan ke konsep-konsep utama baru ke konsep lainnya.
  1. Mixed Strategi
ð     Gabungan dari Top Down dan Bottom Up Strategi

  1. Perancangan transaksi
ð     Transaksi merupakan represantasi dari aktifitas-aktifitas terhadap database
ð     Perancangan transaksi harus disesuaikan dengan kebutuhan para pemakai dan area aplikasi
Kegiatan-kegiatan dalam perancangan transaksi pada tingkat konseptual meliputi:
ð     Mengidentifikasi input/output
ð     Mengidentifikasi fungsi transaksi

Jenis-jenis Transaksi:
v     Retrieval transaksi
Transaksi yang mencari data untuk menampilkan laporan pada layer
v     Update transaksi
Transaksi untuk menambahkan, menghapus dan memodifikasi record-record di dalam database
v     Mixed transaksi
Transaksi untuk mencari data sekaligus untuk update data

Fase-3. Pemilihan DBMS
Terdapat dua faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan DBMS :
1. Faktor teknik
ð     Pendefinisian primary key, foreign key, tipe data dan domain
ð     Tersedianya control integrity, mekanisasi view, kamus data dan kemandirian data
ð     Tipe-tipe model data yang tersedia
ð     Pemeliharaan struktur file
ð     Kemudahan reorganisasi, indexing
ð     Tersedianya kompresi data
ð     Bahasa query yang tersedia
ð     Tersedianya system interface
ð     Multi user diperbolehkan
ð     Tersedianya backup dan recovery
ð     Tersedianya pengontrolan konkurensi
ð     Tersedianya penanganan deadlock

2. Faktor ekonomi
ð     Perkiraan biaya yang dibutuhkan : software, pemeliharaan hardware, training, operasi dsb.
ð     System yang lebih familier dengan personal-personalnya
ð     Kemampuan pelayanan vendor (penjual)

Fase-4. Perancangan Model Logikal database

Didalam fase ini ada 2 kegiatan:
  1. Pemetaan system independent (Tansformsi)
ð     Pemetaan dari ER (entity relationship) diagram ke bentuk database yang dipilih
ð     Jenis-jenis model database adalah relasional, hierarki, jaringan dan object oriented
  1. Penyesuaian skema ke DBMS
ð     Kita harus menyesuaikan skema yang diperoleh ke bentuk database yang dipilih, karena setiap database mempunyai model data yang berbeda
ð     Bila database yang dipilih adalah database relasional, maka relasi harus dinormalisasikan terlebih dahulu

Fase-5. Perancangan Fisik Datase

Perancangan fisik database meliputi :
ð     Perancangan aturan integrity
ð     Analisis transaksi
ð     Pemilihan organisasi file
ð     Pemilihan indekx
ð     Pengontrolan redudansi
ð     Perancangan view untuk pemakai
ð     Pemberian hak pengaksesan untuk pemakai

Beberapa petunjuk dalam pemilihan database secara fisik:
1.    Respon Time
Waktu yang telah berlalu dari suatu transaksi database yang diajukan untuk menjalankan suatu tanggapan
2.   Space Utility
Jumlah ruang penyimpanan yang digunakan oleh file-file database dan struktur-struktur jalur akses
3.   transaction throughput
Rata-rata jumlah transaksi yang dapat diproses permenit oleh system database, dan merupakan parameter kritis dari system transaksi (missal: digunakan pada pemesanan tempat di pesawat, bank, dll)

Fase-6. Implementasi Sistem Database
ð     pembentukan database file
ð     pengisian data
ð     konversi data (bila perbaikan system lama)
ð     implementasi transaksi database
ð     testing dan validasi





Array dalam pascal


Array adalah suatu tipe data terstruktur yang terdapat dalam memori yang terdiri dari sejumlah elemen (tempat) yang mempunyai tipe data yang sama, variabel yang sejenis, komponen yang jumlahnya tetap.

Array dalam pascal terdiri dari 2 bentuk :
1. Array satu dimensi (Kumpulan elemen yang tersusun dalam satu baris)
Bu :
type
(NamaArray) = Array [indexArray] of tipedata;
atau
(NamaArray) : Array [indexArray] of tipedata;

2. Array dua dimensi (Sering digambarkan seperti matrik)
Bu :
Type
(NamaArray) = Array[indexArray1, indexArray2] of tipedata ;

Contoh :
1. Buat tampilan sebagai berikut :

Masukan Jumlah Data : (input)
Nilai Praktek ke- (output) : (input)
Nilai Praktek ke- (output) : (input)
Nilai Praktek ke- (output) : (input)



2. Buat Tampilan sebagai berikut :
Contoh Matrik :
2 3
3 4
8 10

Contoh program Latex

PROGRAM 1
Input:
\documentclass{article}
\begin{document}
rumus mencari akar:
$ax^2+bx+c=0$adalah
$$x_{1,2}=\frac{-b\pm\sqrt{b^2_4ac}}
{2a}$$
dengan asumsi bahwa
\(b^2_4ac>0\)
\end{document}
Output :
 
PROGRAM 2
Input :
 
\documentclass{article}
\begin{document}
$$\int_{-\infty}^\infty f(x)\,dx$$
$$\int\int\limits_{-\infty}^\infty f(x)\,dx$$
$$\int\int_{-\infty}^\infty f(x)\,dx$$
\end{document}

 Output :

PROGRAM 3

Input:
\documentclass{article}
\begin{document}
$$\frac{ax+b}{cx+\frac{dx+e}{fx+g}}$$
\end{document}
Output:

 

Keamanan sistem operasi


Nama          : Rizkia Assani
NPM            : 11108724
Kelas           : 2KA06

Keamanan sistem operasi

Keamanan system operasi sangat penting, guna menjaga data-data yang terdapat di dalam komputear, tidak hanya harus di amankan dari virus, seperti : Malware, trojan horses, joke programs dan malicious toolkits, bahkan yang lebih membahayakan adalah dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang biasa di kenal dengan sebutan hacker, namun menjaga data-data juga tidak hanya dari virus dan hacker, data-data bias hilang juga karena bencana alam dan perang, kesalahan hardware atau software (CPU malfunction, bad disk, program bugs), Kesalahan manusia (Data entry, wrong tape mounted).

Keamanan yang di bahas di sini adalah keamanan system operasi dari virus, sejarah virus komputer adalah program komputer yang dapat menyalin diri sendiri (replikasi) dan menginfeksi komputer.  Istilah “virus” sudah sangat  umum digunakan tapi terkadang keliru dalam penggunaannya, dimana istilah ini merujuk pada jenis lain seperti malware, adware, dan spyware, dimana jenis protidak memiliki kemampuan reproduksi.

Tipe-tipe virus :
l      Parasitic Virus : Menggantung ke file .exe dan melakukan replikasi ketika file tersebut dieksekusi
l      Memory Resident Virus : Menempatkan diri ke meori utama dan menginfeksi setiap program yang dieksekusi
l      Boot Sector Virus : Menginfeksi boot record dan menyebar saat sistem di boot
l      Stealth Virus : Bentuknya dirancang agar tidak terdeteksi oleh antivirus
l      Polymorphic Virus : Bermutasi setiap kali mealkukan infeksi

Macam-macam software anti virus :
1 Kaspersky Personal Pro
2 AVK
3 F-Secure
4 eScan Virus Control
5 Norton
6 McAfee
7 eSafe
8 Ansav
9 AVG
Cara yang mudah agar system operasi komputer kita tidak terjangkit virus adalah dengan menginstal software anti-spam dan anti-malware Ancaman terbesar adalah Trojan horse, Outlook patch palsu, scanner anti virus palsu, codec palsu. Bahayanya adalah mereka tidak langsung menyerang Anda tetapi mereka akan menggiring terlebih dahulu dengan bahasa yang menipu lalu mengeksekusi ketika Anda mengklik persetujuan yang diminta. Bahkan teknisi keamanan yang paling berpengetahuanpun bisa tertipu. Dibutuhkan kejelian Anda untuk dapat membedakan antara rayuan dan yang sebenarnya. Anda harus menginstal dan menggunakan software anti-spam dan anti-malware yang up-to-date.
Agar tidak mudah terdeteksi virus jangan lupa untuk melakukan update secara teratur., begitu infeksi terjadi, tentukan bahwa infeksi memang telah terjadi dan cari lokasivirus, begitu virus terdeteksi maka identifikasi virus yang menginfeksi program, setelah virus teridentifikasi maka hilangkan semua jejak virus dari program yang terinfeksi dan program dikembalikan seperti semula. Jika deteksi sukses dilakukan, tapi identifikasi atau penghilangan tidak dapat dilakukan, maka alternative yang dilakukan adalah hapus program yang terinfeksi dan kopi kembali backup program yang masih bersih. Cara terakhir agar lebih aman dari virus adalah Back up data Kita semua telah menggunakan komputer untuk waktu yang lama, dan kita tahu bahwa hal yang paling buruk bisa terjadi kapan saja.

Sabtu, 05 Juni 2010

SEJARAH AYAT KURSI


SEJARAH AYAT KURSI

Ayat ini diturunkan setelah hijrah. Semasa ia telah diiringi oleh beribu-ribu malaikat kerana kehebatan dan kemuliaannya. Syaitan dan iblis juga menjadi gempar kerana adanya satu perintang dalam perjuangan mereka. Rasullah s. a. w. dengan segera memerintahkan Zaid bt sabit menulis serta menyebarkannya.

Sesiapa yang membaca ayat Kursi dengan khusyuk setiap kali selepas sembahyang fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali keluar masuk rumah atau hendak musafir, InsyaAllah akan terpeliharalah dirinya dari godaan syaitan, kejahatan manusia, binatang buas yang akan memudaratkan dirinya bahkan keluarga, anak-anak, harta bendanya juga akan terpelihara dengan izin Allah s.w.t.

Mengikut keterangan dari kitab"Asraarul Mufidah" sesiapa mengamalkan membacanya setiap hari sebanyak 18 kali maka akan dibukakan dadanya dengan berbagai hikmah, dimurahkan rezekinya, dinaikkan darjatnya dan diberikannya pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya serta terpelihara ia dari segala bencana dengan izin Allah. Syeikh Abu Abbas ada menerangkan, siapa yang membacanya sebanyak 50 kali lalu ditiupkannya pada air hujan kemudian diminumnya, InsyaAllah Allah akan mencerdaskan akal fikirannya serta Fadhilat Ayat Al-Kursi mengikut Hadis-Hadis Rasullullah s.a.w. bersabda bermaksud:
"Sesiapa pulang ke rumahnya serta membaca ayat Kursi, Allah hilangkan segala kefakiran di depan matanya."

Sabda baginda lagi;
"Umatku yang membaca ayat Kursi 12 kali pada pagi Jumaat, kemudian berwuduk dan sembahyang sunat dua rakaat, Allah memeliharanya daripada kejahatan syaitan dan kejahatan pembesar."

Orang yang selalu membaca ayat Kursi dicintai dan dipelihara Allah sebagaimana DIA memelihara Nabi Muhammad. Mereka yang beramal dengan bacaan ayat Kursi akan mendapat pertolongan serta perlindungan Allah daripada gangguan serta hasutan syaitan. Pengamal ayat Kursi juga, dengan izin Allah, akan terhindar daripada pencerobohan pencuri. Ayat Kursi menjadi benteng yang kuat menyekat pencuri daripada memasuki rumah. Mengamalkan bacaan ayat Kursi juga akan memberikan keselamatan ketika dalam perjalanannya. Ayat Kursi yang dibaca dengan penuh khusyuk, Insya-Allah, boleh menyebabkan syaitan dan jin terbakar. Jika anda berpindah ke rumah baru maka pada malam pertama anda menduduki rumah itu eloklah anda membaca ayat Kursi 100 kali, insya-Allah mudah-mudahan anda sekeluarga terhindar daripada gangguan lahir dan batin.

Barang siapa membaca ayat Al-Kursi apabila berbaring di tempat tidurnya, Allah mewakilkan 2 orang Malaikat memeliharanya hingga subuh.
Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir setiap sembahyang Fardhu, ia akan berada dalam lindungan Allah hingga sembahyang yang lain. Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir tiap sembahyang, tidak menegah akan dia daripada masuk syurga kecuali maut, dan barang siapa membacanya ketika hendak tidur, Allah memelihara akan dia ke atas rumahnya, rumah jirannya & ahli rumah2 di sekitarnya.

Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir tiap-tiap sembahyang Fardhu, Allah menganugerahkan dia hati-hati orang yang bersyukur perbuatan2 orang yang benar, pahala nabi2 juga Allah melimpahkan padanya rahmat.

Barang siapa membaca ayat Al-Kursi sebelum keluar rumahnya, maka Allah mengutuskan 70,000 Malaikat kepadanya, mereka semua memohon keampunan dan mendoakan baginya.

Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir sembahyang Allah azza wajalla akan mengendalikan pengambilan rohnya dan ia adalah seperti orang yang berperang bersama nabi Allah sehingga mati syahid. Barang siapa yang membaca ayat al-Kursi ketika dalam kesempitan niscaya Allah berkenan memberi pertolongan kepadanya Dari Abdullah bin 'Amr r. a.


Rasullullah s. a. w. bersabda,
" SAMPAIKANLAH PESANKU BIARPUN SATU AYAT....

PANTUN

Buah semangka buah duren
Nggak  nyangka gue keren
Buah  semangka buah manggis
Nggak nyangka gue  manis

Disini gunung  disana gunung....
Ditengah gunung ada  melati...
Saya bingung, kamu pun bingung..
Kenapa bisa ada melati ya...

Kura-kura dalam perahu
Iseng banget tuch kuya...
Jalan kaki ke pasar baru
Jauh  boooooooooooo....

Jambu merah di dinding
Jangan marah just  kidding

Nemu gesper, di pinggir jalan
kalo laper, makan tu gesper
Men sana in corpore sano
gue maen kesana, elo maen ke sono!

Jalan-jalan ke pinggir empang
nemu sendok dipinggir empang
hati siapa tak bimbang
situ botak minta  dikepang

Ikan paus makan permen
I miss you ... man

Buah kedondong Buah atep
Dulu bencong  sekarang tetep ..............

NCOMPUTING

NCOMPUTING

Sudah pernah dengar atau menggunakan PC Sharing. Satu komputer bisa digunakan beramai-ramai. Ini dia NComputing, pelopor PC Sharing.

Apa itu Ncomputing?
Ncomputing adalah terminal pertama di dunia yg tidak membutuhkan CPU, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan sama seperti PC biasa. Dengan teknologi bernama Ncomputing exclusive UTMA (Ultra Thin Multi-Access) , Ncomputing dapat meng-ekspansi PC sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu).
Ncomputing dilengkapi dengan slot untuk keyboard, mouse, mic, speaker, dan USB port. Jadi bisa dipakai untuk aplikasi multimedia atau laboratorium komputer.
Teknologi ini dipasaran sebenarnya tidak pernah digunakan secara maksimal dalam pemakaian aktivitas normal, sehingga hanya diperlukan satu CPU sebagai server untuk menjalankan banyak terminal client (terdiri dari monitor, mouse, keyboard, dan terhubung ke LAN) Ncomputing saat ini biasa digunakan di sekolah-sekolah, warnet, dan kantor karena biasanya tidak memerlukan kecepatan komputer yg maksimal.
Dengan alat NComputing, sebuah komputer desktop dapat digandakan (divirtualisasi) sehingga memungkinkan bagi lebih banyak pengguna untuk mengakses dan memanfaatkan kapasitas sebuah komputer secara bersamaan.
NComputing dirancang dalam 2 seri, X dan L. Pada seri X, setiap unit dapat menyambungkan sampai 7 pengguna dalam rentang jarak maksimal 10 meter. Nilai lebih pada seri X adalah tersedianya fasilitas multimedia dan daya yang kecil, hanya 1 watt per pengguna. Seri lainnya, yaitu seri L, adalah yang paling fleksibel karena mempu menghubungkan klien lewat jaringan berbasis ethernet dan mengkonsumsi listrik sekitar 5 watt saja.
NComputing berkantor pusat di Kota Redwood, CA, dan memiliki kantor cabang resmi di Amerika, Australia, Kanada, Cina, Jerman, India, Korea, Polandia, Rusia, dan Inggris; dan banyak distributor di seluruh dunia.
Saat ini banyak sekolah-sekolah yang menggunakan laboratorium komputer dan bahkan juga laboratorium bahasa agar proses belajarnya lebih efektif.
Ini salah satu hal yang sangat baik juga andaikan kita juga bisa mengikuti untuk menggunakan Ncomputing di kampus universitas gunadarma, karena selain bisa nenghemat PC, kita juga bisa menghemat yang nama’y listrik. Jadi kita tidak perlu lagi melakukan pemborosan listrik. Sebagai contoh jika di laboratorium ada 20 komputer di mana masing-masing komputer mengkonsumsi listrik sekitar 270 watt (CPU 200 watt dan monitor 70 watt), maka seluruh komputer tersebut mengkonsumsi listrik 5400 watt. Padahal ini bisa dihemat dengan alat seperti Ncomputing sehingga CPU yang wattnya bisa mencapai 200 Watt lebih jadi hanya sekitar 5 watt saja. Artinya untuk 20 komputer pemakaian listriknya bisa turun hanya 1500 watt saja.
Pengaplikasian Ncomputing di universitas gunadarma adalah :
- Untuk di tempatkan di tempat Ujian Mandiri, karena di situ tidak memerlukan banyak PC, tapi hanya membutuhkan 1 buat PC server dan banyak client.
- Untuk di tempatkan di tempat Pengisi’an KRS (Kartu Rencana Studi), karena di sana tisak memerlukan banyak PC, tapi hanya membutuhkan 1 PC server dan banyak client.
- Untuk di tempatkan di Internet Lounce, karena di situ tidak memerlukan banyak PC, tapi hanya memerluka 1 PC server dan banyak client.

Contoh Program Pascal

Identification Division.
Program-Id Program1.
Environment Division.
Data Division.
Working-Storage Section.
01 Data-Mhs.
02 Nama pic a(20).
02 Jurusan pic a(15).
02 NPM PIC 9(10).
02 Kelas pic x(5).
Screen Section.
01 Hapus-Layar.
02 Blank Screen.
01 Masukkan.
02 Line 2 column 3 value 'Bagian Input'.
02 Line 4 column 5 value 'Nama Mahasiswa :'.
02 Column plus 2 pic a(20) to nama.
02 Line 6 column 5 value 'jurusan :'.
02 Column plus 2 pic a(15) to jurusan.
02 Line 8 column 5 value 'Kelas :'.
02 Column plus 2 pic x(5) to kelas.
02 Line 10 column 5 value 'NPM :'.
02 Column plus 2 pic 9(10) to NPM.
01 Keluaran.
02 Line 12 column 3 value 'Bagian output '.
02 Line 14 column 5 value 'Nama saya :'.
02 Column plus 2 pic a(20) from nama.
02 Line 16 column 5 value 'Jurusan saya :'.
02 Column plus 2 pic a(15) from jurusan.
02 Line 18 column 5 value 'Kelas saya :'.
02 Column plus 2 pic x(10) from kelas.
02 Line 20 column 5 value 'NPM saya :'.
02 Column plus 2 pic 9(10) from NPM.
Procedure Division.
Mulai.
Display Hapus-Layar.
Display Masukkan.
Accept Masukkan.
Display Keluaran.
Stop Run.

SOFTWARE APLIKASI KOMPUTER


SOFTWARE APLIKASI KOMPUTER
a. Aplikasi end user
End User Computing (EUC) systems adalah sistem informasi berbasis komputer yang secara langsung mendukung aplikasi operasional dan manajerial oleh end users.  End User Computing salah satu metode pengembangan sistem berbasis komputer yang dilakukan oleh pemakai sendiri (user).
End User Computing sebagai Masalah Strategis
Tidak semua orang yang ikut serta dalam EUC mempunyai tingkat pengetahuan yang sama tentang komputer. Para pemakai akhir dapat dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan:
• Pemakai Akhir Tingkat Menu (menu-level end user)
Tidak mampu menciptakan perangkat lunak sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi dengan menggunakan menu-menu seperti yang ditampilkan oleh perangkat lunakberbasis Windos dan Mac
• Pemakai Akhir Tingkat Perintah (command level end user)
Dapat menggunakan bahasa perintah untuk melaksanakan operasi aritmetika dan logika pada data.
• Pemakai Akhir Tingkat Programmer (end user programmer)
Dapat menggunakan bahasa pemrograman seperti C++ dan mampu mengembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri.
• Personil Pendukung Fungsional (fungsional support personnel)
Merupakan spesialis informasi, tetapi mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka.
Jenis Aplikasi Pemakai Akhir (Aplikasi End User )
Sebagian besar aplikasi end-user terbatas pada:
- Sistem pendukung keputusan (DSS) yang relatif mudah
- Aplikasi virtual office yang memenuhi kebutuhan perseorangan.
Selebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerja sama dengan pemakai dalam mengembangkan:
- Aplikasi SIM dan SIA
- DSS yang rumit
- Virtual office yang memenuhi kebutuhan organisasi
- Sistem berbasis pengetahuan
MANFAAT END – USER COMPUTING :
• EUC menyeimbangkan kemampuan pengembang dengan tantangan sistem EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi.
• Kreasi, pengendalian, dan implementasi oleh pemakai
• Sistem yang memenuhi kebutuhan pemakai
• Ketepatan waktu
• Membebaskan sumber daya sistem
• Kefleksibilitasan dan kemudahan penggunaan
Manfaat End User Computing
EUC memberi manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama:
a. Menyeimbangkan Kemampuan dan Tantangan
Pemindahan beban kerja dari pengembangan system ke area pemakai membebaskan para spesialis untuk berkonsentrasi pada system yang rumit dan berlingkup organisasi, sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area bidang tersebut. Para spesialis informasi juga dapat mencurahkan lebih banyak waktu untuk memelihara system yang ada.
b. Mengurangi Kesenjangan Komunikasi
Kesulitan komunikasi antara pemakai dan para spesialis informasi telah mengganggu pengembangan system sejak masa awal adanya komputer. Pemakai memahami bidang permasalahan dengan lebih baik, sebaliknya, spesialis adalah pakar teknologi tetapi tidak menguasai bidang permasalahan. Dengan membiarkan pemakai mengembangkan aplikasi mereka sendiri, tidak ada kesenjangan komunikasi karena tidak diperlukan komunikasi.
b. Software Bisnis aplikasi
            Sofware bisnis adalah software yang dibuat oleh programmer untuk menyesuiakan kebutuhan dari perusahaan-perusahaan. Biasanya software ini memiliki aplikasi yang khusus, yang diminta dari perusahaan tertentu.
Contoh dari Software Bisnis sebagai berikut :
Sistem Informasi Perpustakaan
Merupakan program untuk mencatat transaksi peminjaman dan pengembalian buku pada perpustakaan.
Feature yang terdapat pada program Sistem Informasi Perpustakaan adalah sebagai berikut:
·   Mencatat data (master) golongan buku, jenis buku, kategori anggota, bidang/instansi anggota, bahasa, asal buku, penyedia buku dan lokasi.
·    Mencatat data buku.
·   Mencatat data artikel.
·   Mencatat data anggota.
·   Mencetak kartu anggota.
·    Mencatat transaksi peminjaman.
·    Mencatat transaksi pengembalian.
·   Grafik buku per bahasa.
·    Grafik buku per jenis.
·    Grafik buku per golongan
·    Grafik buku per kategori.
·    Grafik peminjaman per golongan.
Manfaat dari software bisnis adalah sebagai alat bantu untuk bisnis suatu perusahaan. Softwre ini juga sudah disesuai juga dengan permintaan perusahaan.
c. Software suite dan integrated packages
Sebuah perangkat lunak atau aplikasi suite adalah kumpulan program komputer, biasanya perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak pemrograman fungsi terkait, dan beberapa kemampuan untuk lancar bertukar data satu sama lain.
Kadang-kadang para pembuat perangkat lunak memperkenalkan "suite" yang sedikit lebih banyak daripada versi dikemas ulang program yang lebih tua ditawarkan pada harga yang lebih rendah.
Contoh dari Software suite adalah Office, Internet suite, Graphics suite.
Intergrated packages
Intergrated packages adalah Paket terpadu merupakan kelompok aplikasi yaitu yang terdiri dari sejumlah aplikasi yang berbeda. Paket terpadu adalah program besar yang berisi pengolah kata, spreadsheet, database tool, dan aplikasi perangkat lunak lain dalam program yang sama.
Keuntungan dari intergrated packages ini adalah kita dapat memakai berbagai software dalam satu aplikasi. Contohnya seperti Microsoft Office, didalamnya terdapat macam-macam aplikasi dan mempunyai kegunaan yang berbeda-beda.
d. Web browser
            Web browser disebut juga sebagai perambah atau peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan.
Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.

e. Email, Instant Messaging, Dan Weblogs
     Email atau e-mail adalah singkatan untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik.
Email dari mulai ditulis, dikirim, hingga diterima dan dibaca semuanya ditangani secara elektronis. Umumnya email dibuat (atau ditulis) menggunakan Mail User Agent (MUA) lebih umum dikenal sebagai Email client), kemudian proses pengiriman ditangani oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang sering juga disebut sebagai mail server. MUA juga digunakan untuk membuka dan membaca email kembali.
    Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Namun tidak seperti alamat surat yang lazim kita gunakan. Sistem pengalamatan pada email menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan karakter @ (at, dibaca et). Misalnya email adalah contoh@yahoo.com. Artinya email bernama contoh provider yang digunkaan adalah yahoo.com sehingga alamat lengkap email adalah penggabungan nama dengan penyedia tersebut yang dibatasi oleh char @.
Kelebihan dan Kekurangan menggunakan email
 Kelebihan menggunakan email :
- Cepat [ sangat cepat ] karena hanya perlu beberapa menit [ ketik dan send ]
- mudah [ karena kita cukup mengetik di komputer ]
- multiple send [ dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus ]
- dapat mengirim file [ attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain ]
- kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu ]
- biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
 Kekurangan menggunakan email :
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket ]
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau belum
- harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
Instant Messaging
Instant messages : Untuk mengirim pesan kepada teman yang sedang online pada saat yang bersamaan.
Pesan instan adalah sebuah teknologi Internet yang mengizinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time) menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama.
Konsep yang digunakan oleh teknologi ini muncul pada awal-awal pengembangan sistem operasi UNIX dan jaringan Internet; para pengguna yang sudah masuk log dapat mengirimkan perintah berupa talk, write, dan finger untuk melihat siapa saja yang sudah masuk log dan akhirnya mengirimkan pesan singkat kepada mereka.
Istilan pesan instan (instant messaging) saat ini pada umumnya mengacu kepada sebuah teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), yang kemudian diikuti oleh Yahoo! (Yahoo! Messenger), Google, dan Microsoft (Windows Live Messenger)dan perusahaan-perusahaan lainnya.
Weblogs
Asal kata Blog adalah WebLog, yang artinya adalah catatan harian yang dimuat dalam Web. WebLog terdiri dari dua kata yaitu Web, seperti telah banyak dikenal adalah sebuah situs di internet seperti www.aurino.com, dan kata kedua adalah log yang berarti catatan kejadian harian atau bisa dipersamakan dengan buku diary. Weblog akhirnya banyak dikenal sebagai Blog.
Jadi blog adalah sebuah web site atau situs web yang berisikan catatan/jurnal harian kegiatan orang maupun kelompok (walaupun banyak blog yang diisi tidak setiap hari).
f. Word processing dan Desktop Publishing
Word processing adalah Suatu aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk Pengolah kata. Pengolah kata, perangkat lunak untuk membantu user  dalam mengolah dokumen surat menyurat atau tulis menulis. Contoh aplikasi atau perangkat lunak yang termasuk ke dalam golongan ini adalah Microsoft Word, WordStar, ABIWord. WordStar adalah Program yang digunakan untuk pengolah kata yang cukup populer dalam lingkungan sistem operasi Disk Operating System (DOS).
Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Desktop Publishing
Desktop publishing adalah menggabungkan komputer pribadi dan WYSIWYG tata letak halaman perangkat lunak untuk membuat publikasi dokumen pada komputer baik untuk penerbitan skala besar atau skala kecil lokal perangkat multifungsi output dan distribusi. WYSIWYG Istilah ini digunakan dalam komputasi untuk menggambarkan suatu sistem di mana ditampilkan saat mengedit konten tampak sangat mirip dengan keluaran akhir, yang mungkin merupakan dokumen dicetak, halaman web, presentasi slide atau bahkan pencahayaan untuk acara teater.
Pengembangan dari pengolahan kata. Desktop publishing ini menggabungkan pengolah kata dengan software grafis yang canggih, dan dapat menggabungkan berbagai jenis huruf, ilustrasi, gambar, hasil scan, dsb yang digunakan dalam mendesain suatu hasil desain yang akan dipublish. Misalnya untuk pembuatan poster, koran, majalah, dsb.
The "desktop publishing" biasanya digunakan untuk menggambarkan tata letak halaman keterampilan. Namun, keterampilan dan perangkat lunak tidak terbatas pada kertas dan penerbitan buku. Keterampilan yang sama dan perangkat lunak sering digunakan untuk membuat grafik untuk menampilkan titik penjualan, barang-barang promosi, pameran dagang pameran, paket retail desain dan tanda-tanda di luar ruangan. Kata-kata yang sangat sederhana, dapat dikatakan bahwa itu merupakan aplikasi pembuat halaman.
g. Electronic Spreadsheets
Sebuah spreadsheet adalah aplikasi komputer yang mensimulasikan kertas, akuntansi worksheet. Ini akan menampilkan beberapa sel yang bersama-sama membentuk kotak yang terdiri dari baris dan kolom, setiap sel yang mengandung baik alfanumerik teks atau nilai numerik. Sebuah alternatif mungkin sel spreadsheet berisi rumus yang mendefinisikan bagaimana isi sel yang harus dihitung dari isi sel lain (atau kombinasi dari sel) setiap kali setiap sel diperbarui. Spreadsheet yang sering digunakan untuk keuangan informasi karena kemampuan mereka untuk menghitung ulang seluruh lembar secara otomatis setelah perubahan ke sel tunggal dibuat.
VisiCalc biasanya dianggap sebagai spreadsheet elektronik pertama (walaupun hal ini telah ditantang), dan membantu menghidupkan komputer Apple II menjadi sukses dan sangat membantu dalam aplikasi yang meluas. Lotus 1-2-3 spreadsheet adalah memimpin ketika DOS adalah dominan sistem operasi. Excel kini memiliki pangsa pasar terbesar pada platform Windows dan Macintosh.
h. Presentation Graphics
Suatu jenis perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar yang sangat bergaya untuk slide show dan laporan. Meliputi fungsi perangkat lunak untuk membuat berbagai jenis diagram dan grafik dan untuk memasukkan teks dalam berbagai font. Kebanyakan sistem memungkinkan Anda untuk impor data dari aplikasi spreadsheet untuk membuat diagram dan grafik.
Contoh dari presentation Graphics yaitu Microsoft power point.
i. Personal Informasi Managers
Personal informasi managers yaitu software aplication yang bekerja untuk menyimpan kegiatan dari penggunanya. Kegiatan tersebut dapat berupa aktifitas harian, mingguan, bulanan, dan seterusnya. Sedangkan cakupan kegiatan yang dikelola melalui sistem tersebut adalah dalam bentuk surat menyurat secara elektronik, pencatatan informasi tentang alamat-alamat penting, kalender, daftar pekerjaan, penjadwalan pekerjaan, dan catatan lainnya.
j. Groupware
Groupware adalah aplikasi yang dibuat untuk mendukung kolaborasi bersama antar sekelompok pengguna dalam suatu lingkungan tertentu . Groupware mewakili software yang membantu kelompok kerja/kolega terhubung ke jaringan komunikasi untuk mengelola aktifitas mereka.  Operasi yang didukung antara lain: penjadwalan rapat dan alokasi sumberdaya, email, e-newsletter, distribusi file dan lain sebagainya.
1.         Kolaborasi berdasarkan tempat
Groupware dapat menggabungkan pengguna yang lokasinya berjauhan, misalnya dengan adanya video conference, meeting room, chatting ataupun messanger. Groupware jenis ini lebih banyak berbasis web, agar dapat diakses secara bersamaan di lokasi yang berjauhan.
2.         Kolaborasi berdasarkan waktu
Groupware dapat dijalankan di waktu yang berbeda misalnya dengan email, forum diskusi,  share editing. Tampilan harus dapat dilihat oleh setiap pengguna lengkap dengan penunjuk waktu kapan terakhir pengguna menggunakan aplikasi tersebut.
Contoh aplikasi groupware yaitu :
•          Komunikasi media komputer                          : email, instant messangers, sms.
•          Konfersi dan komunikasi video.
•          Meeting dan sistem pendukung keputusan    : Argumentasi tools, meeting rooms.
•          Aplikasi dan artefak saling berbagi                : Share editor, Share Diaries, SharePC’s & Share Windows
k. Alternatif Software
            Alternatif software adalah suatu software yang dibuat untuk membantu para user dalam pengguanaan software computer yang bermasalah.
Contoh dari Alternatif Software yaitu :
·   Converter Office 2007, Bagi pengguna Office 2003 tidak usah terburu untuk mengupdate/ mengganti office anda dengan office 2007 karena converter 2007 juga bisa membuka file-file yang tersimpan pada format 2007.
·   K-lite, Plugin untuk memutar audio dan video tambahan yang disertakan windows media player Clasic.
·   Cleaning and optimize registry
·   CCleaner, kecil dan menu yang simple software ini cocok untuk komputer yang sering hang atau bermasalah pada registry.
2.2 SOFTWARE SISTEM
l.Manajemen system computer
m. Overview system software
Sistem software adalah program yang dirancang untuk menjalankan aktifitas utama yang melibatkan hardware dan program lainnya dalam system computer.
Contoh :
Sebuah perusahaan logistik tidak hanya menggunakan sistem informasi penjualan jasa, namun juga menggunakan elemen teknologi lain seperti GPS.
n. Operating system

Sistem operasi (biasa disingkat ke OS atau kernel) adalah sebuah antarmuka antara hardware dan software dalam sistem komputer. OS bertanggung jawab atas pengelolaan dan koordinasi kegiatan dan berbagi dari keterbatasan sumber daya dari komputer. Sistem operasi yang bertindak sebagai tuan rumah untuk aplikasi yang berjalan di komputer. Sebagai tuan rumah, tujuan utama dari sistem operasi adalah untuk menangani secara rincian operasi perangkat keras
o. Program sistem manejemen lain
            Suatu software yang dibuat sesuai dengan permintaan permintaan perusahaan tertentu untuk mengatur system yang ada di dalam perusahaan tersebut.
Contoh dari Program system manejemen lain yaitu :
Sistem manajemen restoran
Software restoran dapat digunakan untuk menangani keseluruhan operasi restoran, mulai dari saat tamu datang, pesan makanan, penyajian makanan, hingga sampai tamu melakukan pembayaran dan meninggalkan restoran. Software restoran ini tidak terbatas untuk layanan table service, tetapi juga untuk model fastfood, take away, bakery, foodcourt, dan delivery.

p. Programming language

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa computer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia. Proses komputasi umumnya didefinisikan secara formal menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing. Pada dasarnya bahasa Pemrograman dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara manusia dengan computer. Sebuah bahasa pemrograman disebut Turing Complete jika dapat dipergunakan untuk mendeskripsikan semua komputasi yang dapat dilakukan Mesin Turing, yaitu memiliki variable integer dan operator aritmatik, pernyataan penugasan, pernyataan sekuensial, pernyataan seleksi, dan pernyataan iterasi.
q. Web language service
Web Services Description Language (WSDL) adalah sebuah XML berbasis bahasa yang menyediakan model untuk menggambarkan layanan Web.
Web Service Sepenuhnya berdasarkan standard web dan xml. Web Service dapat membantu:
·         Perantara pada integrasi platform sepanjang eksekusi mesin virtual.
·         Integrasi antara Web dan OO middleware.
·         Integrasi dari aliran kerja terisolasi dan sevice-service (Web Services Flow Language - WSFL).
·         Pertukaran data pada aplikasi yang berbeda-beda (X-Schema, XSLT ++)
·         (Masa depan: standarisasi dari info konteks antara web servis dan klien – integrasi servis horizontal).
Keterangan :
Object oriented middleware adalah istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah ada.
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup yang dirancang khusus untuk penyampaian informasi melalui World Wide Web, persis seperti HTML. World Wide Web Consortium (W3C) menjelaskan bahasa ini.
r. Software programming
Pengembangan perangkat lunak adalah program atau aplikasi yang pengembang perangkat lunak digunakan untuk membuat, debug, mempertahankan, atau mendukung program-program dan aplikasi lain. Istilah biasanya mengacu pada program yang relatif sederhana yang dapat digabungkan bersama-sama untuk menyelesaikan sebuah tugas, seperti salah satu tangan mungkin menggunakan beberapa alat untuk memperbaiki objek fisik.
Alat pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi beberapa kategori berikut:
·         Performance analysis tools analisis kinerja alat.
·         Debugging tools debugging tools.
·         Analisis statis verifikasi formal dan alat.
·         Memeriksa ketepatan alat.
·         Penggunaan memori alat.
·         Membangun aplikasi tools.
·         Lingkungan pengembangan terintegrasi.