Apa itu LinkedIn?
LinkedIn adalah jaringan professional yang
berkembang pesat dengan lebih dari 120 juta anggota. Jika Anda memanfaatnya
secara maksimal, LinkedIn merupakan alat pemasaran yang kuat dan sumber daya
sosial, serta sumber pengetahuan yang dapat Anda manfaatkan setiap saat.
Alat ini memberikan Anda kesempatan untuk
membangun hubungan bisnis dengan siapapun di seluruh dunia tanpa harus
meninggalkan ruang kerja Anda. Banyak orang yang ingin menjalankan bisnis
dengan orang yang mereka kenal dan LinkedIn membawa koneksi pribadi Anda untuk
bisnis.
Jadi bagaimana cara kerjanya?
Anda mulai dengan profil, daftar pendidikan,
keterampilan, dan pengalaman professional. Jika sebuah perusahaan atau
universitas di profil Anda sudah dalam data base LinkedIn, Anda akan melihat
daftar orang-orang yang mungkin Anda kenal untuk menjadi jaringan Anda.
Jika Anda mengklik ‘tambahkan koneksi’ disudut
kanan atas halaman, kemudian klik tab ‘orang yang mungkin Anda tidak tahu’ Anda
akan melihat daftar orang-orang yang terhubung dengan kontak Anda. kemudian
Anda dapat meminta kontak Anda untuk memperkenalkan Anda.
Idenya adalah untuk ‘bertemu’ orang baru melalui
orang-orang yang sudah Anda kenal untuk memperluas jaringan yang ada. Anda juga
dapat menggunakan jaringan ini untuk mencari peluang karir baru, klien baru,
vendor, mitra bisnis atau karyawan.
Bagaimana saya memulai?
Dave Taylor dalam blognya intuitive.com
merekomendasikan Anda untuk lebih banyak menghabiskan waktu dalam profil Anda.
Anggap saja sebagai kartu nama online Anda.
Kemungkinan besar, profil linkedIn akan menjadi
hasil pencarian pertama ketika seseorang mencari Anda di Google, jadi pastikan
profil yang Anda buat professional, lengkap, dan up-to-date.
Apa yang akan ia lakukan untuk bisnis
saya?
Selama anda memiliki alamat email perusahaan,
anda dapat membuat page perusahaan dan pelanggan dapat mengikuti setiap
pembaruan pada bisnis anda atau untuk meninjau produk dan jasa anda, dan
memberikan anda dengan dukungan dan testimonial.
Freelancer dapat mencari posisi
pekerjaan, lokasi atau perusahaan. Gunakan resume builder dari
LinkedIn Labs untuk menarik informasi terkini dari profil Anda dan menghasilkan
resume professional dalam hitungan detik.
Nilai nyata bagi bisnis kecil adalah akses mudah
ke informasi dan komunitas. Ketika Anda bergabung dengan grup LinkedIn di
bidang anda, Anda dapat berbagi pertanyaan dan keahlian dengan rekan-rekan
Anda.
Anda dapat mengajukan pertanyaan untuk koneksi
tertentu dalam jaringan anda dan mendapatkan jawaban dari koneksi anda, dan
para ahli yang menggunakan LinkedIn.
Bagaimana dengn privasi?
profil Anda akan terlihat oleh koneksi anda.
namun, anda dapat mengontrol siapa lagi yang bisa melihatnya. Untuk privasi
tambahan anda dapat memilih untuk menampilkan hanya nama pertama atau terakhir
pada awal profil publik, namun koneksi anda tetap dapat melihat nama lengkap
anda. orang yang ingin terhubung dengan anda harus memiliki persetujuan dari
anda.
Semua ini adalah gratis
Dengan upgrade berbayar, anda mendapatkan akses
lebih, dan ada banyak kesempatan untuk iklan bertarget juga. Gunakan LinkedIn
sebagai pusat informasi tentang bisnis Anda dan orang-orang dibelakangnya.
Sebarkan informasi yang menarik untuk dibagikan sehingga semakin banyak
orang-orang yang tertarik untuk melakukan bisnis dengan Anda.
Banyak cara yang dapat digunakan untuk
memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaaan LinkedIn untuk tujuan perkembangan
karir dan usaha kita. Berikut ada beberapa tips dan trik yang dapat digunakan
di antaranya ialah:
1. Meningkatkan Peluang: Dengan
memperbanyak koneksi dengan anggota lainnya, peluang anda untuk mendapatkan
tawaran kerjasama / bisnis akan bertambah. Buatlah profil LinkedIn yang
benar-benar menunjukkan kelebihan anda sebagai seorang entrepreneur. Cantumkan
prestasi, pengalaman, latar belakang kerja dan pendidikan anda dengan rinci.
2. Membuat Anda Lebih Mudah Dihubungi: Lengkapilah
biodata anda sebaik-baiknya, termasuk lengkapi pula daftar perusahaan di mana
anda bekerja sebelumnya, afiliasi, pendidikan dan kegiatan. Anda bisa juga
menggunakan tautan menuju profil LinkedIn anda sebagai signature
(tandatangan) dalam email anda. Dengan begitu, orang akan dapat dengan mudah
mengetahui siapa anda dan kompetensi apa yang anda miliki.
3. Meningkatkan Google PageRank: LinkedIn
memungkinkan anda untuk membuat informasi profil anda terindeks oleh mesin
pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Karena profil LinkedIn
menerima PageRank yang cukup tinggi dari Google, kesempatan anda untuk dapat
diketahui orang lain semakin besar. Untuk memaksimalkan profil anda, buat
profil umum dan pilihlah “Full View” serta ganti URL profil umum anda menjadi
nama anda. Agar semakin banyak diketahui orang, cantumkanlah tautan ini pada
berbagai situs di dunia maya. Misalnya, anda dapat mencantumkannya saat
berkomentar di blog orang lain.
4. Meningkatkan Hasil Pencarian Internet:
Selain nama anda, anda bisa juga meningkatkan hasil pencarian blog
atau situs anda di berbagai mesin pencari seperti Yahoo! dan Google dengan
mencantumkannya dalam profil LinkedIn anda.
5. Lakukan Pemeriksaan Referensi
Perusahaan, “terbalik”, dan acak: Alat pemeriksa referensi LinkedIn
untuk memasukkan nama perusahaan dan tahun saat orang tersebut bekerja di
perusahaan untuk mencari sebuah referensi. Pencarian anda akan menemukan orang
yang bekerja di perusahaan selama periode waktu yang sama. Karena referensi
yang diberikan oleh seorang kandidat biasanya akan memberi kesan bagus, ini
adalah cara terbaik mendapatkan data yang lebih berimbang.Perusahaan umumnya
akan memeriksa referensi anda sebelum mempekerjakan anda tetapi apakah anda
pernah berpikir untuk memeriksa referensi calon manajer anda? Sebagian besar
peserta wawancara tidak berani untuk bertanya kepada atasan mengenai referensi
tetapi dengan LinkedIn anda mempunyai cara untuk melakukan ini.
6. Menambah Relevansi Pencarian Kerja: Gunakan
pencarian lebih lanjut LinkedIn untuk menemukan orang-orang dengan pengalaman
atau pendidikan seperti milik anda untuk melihat di mana mereka bekerja.
7. Memperlancar Wawancara: Anda
dapat menggunakan untuk menemukan orang-orang yang sedang anda temui.
Mengetahui bahwa anda bersekolah di tempat yang sama, bermain sepakbola, atau
sama-sama mengenal orang yang sama terdengar lebih baik dari sekedar diam dan
berkata, “Saya baik-baik saja, terima kasih.”
8. Ukurlah Cerah Tidaknya Prospek Sebuah
Industri: Jika anda berpikir tentang investasi atau bekerja pada suatu
sektor, gunakan LinkedIn untuk menemukan orang-orang yang bekerja untuk para
pesaing – atau bahkan lebih baik lagi, perusahaan yang telah ambruk. Misalnya
anda mau membangun sebuah toko hewan peliharaan online, mungkin anda belajar
banyak dengan berbicara dengan karyawan Pets.com atau WebVan.
9. Melacak Para Pemula: Anda
dapat melihat orang-orang dalam jejaring anda yang memulai bisnis dengan
melakukan pencarian lebih lanjut untuk sederet kata kunci. Gunakan penyaring
“Sort By” atau “Degrees away from you” untuk melihat orang-orang yang terdekat
dengan anda lebih dulu.
10. Integrasikan Dengan Pekerjaan Baru:
Saat orang-orang memulai sebuah pekerjaan baru, biasanya mereka belum memiliki
begitu banyak relasi di perusahaan baru. Namun, dengan LinkedInpegawai baru
dapat mempelajari profil para pegawai lainnya dan membantu mereka mengenal
lingkungan kerjanya lebih cepat.
11. Menyelidiki Pesaing, Pelanggan,
Mitra, dsb: Bukan rahasia lagi bahwa dengan LinkedIn anda bisa
melakukan penyelidikan terhadap pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis
anda.
12. Minta Nasihat: Produk
terbaru LinkedIn, LinkedIn
Answers, memungkinkan anda meminta nasihat secara online. Produk
ini memungkinkan anda untuk menyiarkan pertanyaan yang berhubungan dengan
bisnis kepada jejaring anda dan jejaring LinkedIn yang lebih luas. Dengan ini
anda akan mendapatkan lebih banyak respon yang bernilai lebih tinggi daripada
respon yang diberikan dalam sebuah forum terbuka.
Referensi
1 comments:
siang sis, kami menjual produk nyolowedi. siapa tau tertarik kunjungi blog kami ya sis. terima kasih banyak
Posting Komentar