Senin, 16 Agustus 2010

Perkembangan ilmu pengetahuan yang terjadi pada abad modern


Perkembangna ilmu pengetahuan yang terjadi pada abad modern diantaranya:
  1. Jamaludin Al afgani (Iran, 1838-turki, 1897)
Salah satu sumbangan terpenting di dunia Islam diberikan oleh Sayyid Jamalidin Al Afgani. Gagasanya mengilhami kaum muslim di Turki, Iran, Mesir dan India. Meskipun sangat anti imperialisme Eropa, ia mengagungkan pencapaian ilmu pengetahuan Barat. Ia tidak melihat adanya kontradiksi antara Islam dan ilmu pengetahuan. Namun, gagasan untuk mendirikan sebuah Universitas yang husus mengajarkan ilmu pengetahuan yang modern di Turki mengahdapai tantangan yang kuat dari para ulama’. Pada ahkirnya ia diusir dari Negara tersebut.
  1. Muhamada Abduh (Mesir 1849-1905) dan Muhamad Rasyid Rida (Suriah 1865-1935)
Guru dan murid tresebut mengunjungi beberapa negara Eropa dan amat terkesan dengan pengalaman mereka disana. Rasyid Rida mendapat pendidikan Islam tradisisonal dan menguasai bahasa asing ( prancis dan turki) yang menjadi jalan masuknya untuk mempelajari ilmu pengetahuan secara umum. Oleh karena itu, tidak sulit bagi Rida untuk bergabung dengan gerakan pembaruan Al Afgani dan Muhamad Abduh dan diantaranya melalui penerbitan jurnal Al Urwah Al Wustha yang diterbitkan diparis dan disebarkan dimesir. Muhamd Abduh sebagaimana Muhamad Abdul Wahab dan Jamaluddin Al Afgani, berpendapat bahwa masuknya bermacam bid’ah kedalam ajran Islam membuat umat Islam lupa akan ajran-ajaran Islam yang sebenarnya. Bid’ah itulah yang menjauhkan masarakat Islam dari jalan yang sebenarnya.
  1. Toha Husain (Mesir selatan 1889-1973)
Adalah seorang sejarawan dan filusuf yang sangat mendukung gagasan Muhamad Ali Pasya. Ia merupakan pendukungg modernism yang gigih. Pengadopsian terhadap ilmu pengetahuan modern tidak hanya penting dari sudut nilai praktis (kegunaan) nya saja, tetapi juga sebagai perwujudan suatu kebudayaan yang amat tinggi. Pendanganya dianggap sekularis karena mengunggulkan ilmu pengetahuan.

  1. Sayyid Qutub (Mesir 1906-1966) dan Yusuf Al qardawi
Al Qardawi menekankan perbedaan modernisasi dan pembaratan. Jika modernisasi yag dimaksud bukan berarti upaya pembaratan dan memiliki batasan pada pemanfaatan ilmu pengetahuan modern serta penerapan teknologiny, Islam tidak menolaknya bahkan mendukungnya. Pandangan al Qardawi ini cukup mewakili pandangan mayoritas kaum muslmin. Secara umum dunia Islam relative terbuka untuk menerima ilmu pengetahuan dan teknologi sejauh memperhitungkan manfaat praktisnya. Pandangan ini kelak terbukti dan tetap bertahan hingga kini dikalangan muslim. Akan tetapi, dikalangan pemikir yang ,mempelajari sejarah dan filsafat ilmu  pengetahuan, gagasan seperti ini tidak cukup memuaskan mereka.
  1. Sirsayid Ahmad Khan (India 18817-1898)
Adalah pemikir yang menyerukan saintifikasi masyarakat muslim. Seperti Al afgani, ia menyerukan kaum muslim untuk meraih ilmu pengetahuan modern. Akan tetapi, berbeda dengna al Afgani ia melihat adanya kekuatan yang membebaskan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Kekuatan pembebas itu antara lain, penjelasan mengenai suatu peeristiwa dengan sebab-sebab yang bersifat fisik materiil. Di barat nilai-nilai ini telah membebaskan orang dari tahayul dan cengkraman kekuasaan gereja. Kini dengan semangat yang sama Ahmad Khan merasa wajib membeabaskan kaum muslim dengan melenyapkan unsur yang tidak ilmiah dari pemahaman terhadap Al qur’an. Ia amat serius dengan upaya ini, antara lain: menciptakan sendiri metode baru penafsiran Al qur’an. Hasilnya adalah teologi yang memilki karakter atau sifat ilmiah dalam tafsir Al qur’an.
  1. Sir Muhamad Iqbal (Punjab 1873-1938)
Generasi awal ke-20 adalah Sir Muhamdad Iqbal marupakan seorang muslim pertama di anak benua India yang sempat mendalami pemikiran barat modern dan memilki latar belakang yang bercorak tradisisonal islam. Kedua hal ini muncul dari karya utama di tahun 1930 yang berjudul the reconstruction of religious thought in islam (pembangunan kembali pemikiran keagamaan dalam Islam)
 Manfaat Sejarah Islam Pada Masa Pembahaaruan
1)   Sabar dan menanamkan sikap jihat yang sesuai dengan ajaran islam (Al-qur’an dan Hadist)
2)   Sebagai sumber inspirasi
3)   Sebagai motivasi diri untuk masa depan
4)   Membangun masa depan dengan pijakan-pijakan yang telah ada
5)   Kemampuan yang lebih baik




Do'a Ruqyah

Bismillahi arqiika min kulli syai-in yu’- dziika wa min kulli nafsi aw ‘aini khaasidin, Allahu yasyfiika bismillahi arqiika
“Dengan nama Allah, aku meruqyahmu dari segala yang menyakitimu, dan dari kejahatan setiap diri atau dari pandangan mata yang penuh dengan kedengkian, semoga Allah menyembuhkanmu, dengan nama Allah aku meruqyahmu. ”
( Doa ini dibaca oleh malaikat jibril ketika meruqyah ‘mengobati dengan membaca ayat atau doa-doa yang shahih’ Rasulullah Saw dan dibacakan sebayak 3 kali )




Jumat, 13 Agustus 2010

Cerpen (cerita pendek)

Malam Kelabu

           Malam ini malam kelabu. Dingin angin berhambur menyapu alam tenang. Mercusuar masih menyala dengan kelap kelipnya. Lentera ini sungguh petanda bagi pesiar-pesiar laut yang hendak mendekap dermaga. Bahwa karang keras terlalu angkuh jika direngkuh. Seperti kelelawar malam ini yang menguasai kegelapan. Tak ingin kelabut ini berlalu sebelum fajar membiarkan kami dalam pelukan hangatnya. Ketika bergelantung pada tangkai-tangkai sepuh sekedar rehat capai semalam.

           Sementara gelombang mengulung-gulung bersambaran berhantam tebing. Buncahnya pecah berbuih. Simpang siyur ketam kecik mengintip dalam persembunyiannya. Kalau-kalau penjajah menjarah. Niscaya jepitnya mematahkan telunjuk hingga berdarah nanah. Rembulan pasi bercermin pada gelombang. Mungkin keluh kesahnya terlalu. Menangis pun tak kuasa. Sinarnya kacup menciptakan bayangan hitam seperti gulita.  

            Aku menunggu biduk yang berkayuh sejak kemarin tak jua kembali. Tentang adik dan kakek yang berpetualangan di sana. Kakek menganggap laut adalah hidupnya. Sedang adik hanyalah terhegemoni pikiran aneh kakek dimasa liburan yang sepi bagi orang pesisir. Tak ada pilihan hanya bergelut dengan ombak menantang angin itu lah indahnya liburan. Getir menggigil memang kala hujan mengoyak selaput jala yang dalam. Menjebak cakalan, kakap, tripang jika beruntung.

          Ah… terdampar dimana kakek adik ini. Resah ini menghunus malam. Kadang pikiran buruk mencemaskanku. Tapi asa sawuhnya penuh akan ikan kuharapkan. Barangkali mereka menepi di Bawean lalu meraup rupiah. Minggu depan ketika adik menemui kelas sudah berseragam tidak coklat. Noda tanah seragam yang lekat adalah kenanganku menabur benih 
saat program penghijauan desa. Adik menggantikan seragam itu.
Masih tentang seragam itu. Sebab noda tanah itu adalah noktah trembesan air mata. Desa kami menanam pancang-pancang tanah. Sebelum berita duka Ciamis menggerogoti lahan menjadi lobang-lobang kuburan massal. Meringis aspal Pariaman yang pecah belah memangsa awan. Lumuran lumpur panas Sidoarjo menguyupkan hati hingga lesap. Belum lagi deburan buih yang menerjang langit hingga rata. Badai menerkam siapapun, di laut, darat, atau pun khayangan lenyap.

          Hahh,, cenungku berlebihan. Badai. Bagaimana biduk itu?
Besok adalah hari ketiga sejak tandas. Kini belum merapat ke dermaga. Ada apa gerangan. Apakah badai telah melahap mereka. Tidakkah arus mengirim berita ke daratan seperti lentera mercusuar yang merindukkan kapal bergelok mencari tepian aman Tanjung.

          Sepenggal malam ini selalu meresahkanku. Membuatku menyusun ketakutan sendiri. Riuh-riuh tebing hempasan berdesing. Batu karang ini terlalu angkuh melawan laut. Tengok saja gunung yang repak mual meluapkan lahar. Muak dalam tenangnya. Derham langit menyambar dahan-dahan hijau pisang menjadi legam. Hujan kini bukan sekedar anugerah melainkan bah yang menyeret asa menjadi kelam.

           Seperti pucuk-pucuk yang gagal bertuah karena kering. Ranum mawar yang layu. Kaku. Kuyu. Inilah perlawanan hujan yang konon anugerah. Sungguh tak ada pilihan selain hidup atau mati. Sekarang berapa lama hidup ini dengan alam yang trengginas. Tak ada tempat bagi pemborong alam. Sudah terpotong dari siklus atmosfer. Mata-mata rantai telah lepuh dari ikatan. Matriks bumi ini meletup memuntahkan dahak seolah mengusir. Bagaimana jika bumi tak dapat dipijak. Makin menjadi-jadi saja lamunan keji yang mencemaskanku pada kakek dan adik.
          Ingin kupanggil mereka dengan sekeras-kerasnya. Kesal memang menunggu. Hatiku kelu menderu. Wajah mereka sangat lekit dalam benak ini. Tak ingin arloji perak meninggalkan waktuku. Kuingin berlama-lama membedah malam menguak tabir laut. Mercusuar ini kokoh sekokoh hatiku. Kala pasai raut ini namun tak menggoyahkan pikiranku.
Lesung telah bertabuh, ayam berkokok, penyeru tuhan memanggil jiwa yang tertidur. Sedang aku masih menunggu biduk kakek dan adik yang misteri. Akankah esok adalah sebuah pertemuan awal kami. Ketika salam parau kakek adalah buluh perindu. Adik adalah serenade penggema laras hati.
          Saat remang mata menata cahaya yang jauh. Gemutih bukan buih tapi membenam di cakrawala. Lelah telah mengalahkanku. Kutak bisa menanti buih itu membesar menembus cakrawala. Pikirku itu hanya bayang-bayang fajar yang mulai menyingsing. Kumemilih beranjak dalam lelah semalam yang mengigaukan biduk, kakek, adik.            




CERPEN

Mata Air
Aku akan pergi, Din! Tukas Ahmad. Aku merasa lebih baik jika merantau. Mencari penghidupanku sendiri. Apalagi Salimah menginginkanku untuk segera melamarnya. Tak kuasa aku untuk meneruskan hidup disini. Lumrah seusiaku harus pergi, menebas samudera sekalipun. Terasing. Kupukir hanya kau dan aku yang masih bertahan di sini, bukan? Pemuda di sini layaknya rajawali si penjelajah ulung. Bertahan hidup dengan kekuatannya sendiri. Mungkin akulah salah satunya. Tanah tandus ini pula mengusirku pergi. Langit kerontang tak mampu meneteskan mata air. Air mata ibuku pun terlalu deras menahan perih hidup ini. Tak ada pilihan lain. Kusegera menyapung pundi-pundi nafas keluargaku. Lebih-lebih kusendiri.
Kemana kau merantau?

Entahlah… Wajah dipalingkannya. Menghela nafas panjang. Sekelibat tatapannya nanar menghujam. Di mana ada mata air, tanah yang subur, langit megah, aku akan menghuninya.
Hidup seperti apa yang kau inginkan?
Hidup yang dapat membuatku menyusun batu bata, tiang beton, menata marmer, menjunjung gemeratap gagah. Paling tidak dapat menyeka air mata ibu. Dan yang terpenting aku akan segera melamar Salimah. Aku tak ingin dia ada yang mendahului. Sebab salah satu pundi nafas sang rajawali ada di kelangkangnya. Tentu habislah aku, jika aku kehilangan pundi nafas ini, bukan?
Tentu. Semoga kau mendapatkan apa yang aku inginkan! Biar aku di sini saja…
Apa Din? Memotong pembicaraan Syamsudin. Kau tidak mau ikut denganku. Apa yang dapat kau lakukan di sini? Apa yang dapat kau panen di tanah tandus ini. Apa yang dapat kau tadah dari langit kerontang. Menjadi pegawai kau tak bermodal. Apalagi menjadi orang pintar, sungguh kau tak berbakat. Apa yang dapat kau perjuangkan untuk hidup dan cintamu?
Hahhh….aku bukan dirimu. Aku cukup bahagia dapat berkumpul dengan keluarga. Aku tak ingin seperti rajawalimu itu. Aku hanya sapi kerapan yang hanya merasa nyaman melihat orang menepuk punggungku.
Syamsudin. Dengarkan aku. Kau adalah sahabatku. Tentu aku tak ingin kau melarat sendiri. Apa kau tidak mau menjadi orang yang dinantikan. Dibanggakan. Coba kau ingat si Rahman. Penampilannya necis sedatang dari Jakarta. Dompetnya tebal. Apalagi Makhrus. Huh…dia membelikan dua pasang sapi untuk bapaknya gembala. Dia berluntang-lanting di Kalimantan. Sepulangnya mereka pun melamar perawan. Apa kau tidak ingin menggandeng kekasih saat hari raya? Berkunjung mesra berhandai tolan. Tujuh hari tujuh malam dalam buaian dua belah kerabat. Begitu manis bukan? Lihat dirimu sekarang. Minah enggan menatap punggungmu. Kau pikirlah lagi. Besok pagi kutunggu kau di poskamling.
######

Pagi ahad yang cerah. Tepat pukul 6:30 waktu setempat. Pasar tradisional masih ramai pembeli. Lalu lalang santri-santri pulang mengaji di surau Nurussalam. Pengembala mengayuh sepeda pancat lengkap dengan arit dan tali karet ban bekas diboncengnya. Menebas rambhanan pakan ternaknya. Ada pula yang menggiring langsung sapi dan kambing ke tegalan. Lengkap dengan pecut kejutnya. Tali tampar dan gemerincingan di jalanan. Kadang pula seorang bersarung membawa sisa-sisa panganan semalam untuk gembala yang kandangnya berjarak. Ramai lagi mondar-mandir kuli pengangkut barang dagangan yang menanti silih berganti pick up Chevrolet. Ada yang menyebutnya kijang arab. Barangkali moncong mobil angkutan yang khas. Berdasarkan ceritera orang yang pernah naik haji. Ini mobil ala arab yang pernah dilihatnya.   Sementara rumah H. Samman yang berdekatan dengan pasar tak ubahnya sound system mendendangkan lagu Pajjar Laggu. Jelas sekali. Merdu. Ahmad menunggu kedatangan sahabat karibnya itu. Di poskamling tempat yang dijanjikan. Di seberang jalan pasar tradisional. Sesaat sampailah Syamsudin di pelupuk mataku.
Hahaha….Din. terbahak tawa riang. Datang juga kau. Sudah kau pikirkan?
Kupasti menepati janji. Merundukkan wajah. Mungkin masih sisa berpikir semalam. Nampak dahinya menebal gelap. Matanya sembab bengkak. Bibirnya kering kaku. Tapi wajahnya cerah bersinar. Bisa saja semalam suntuk beristikharah. Sejenak duduk di sisi poskamling. Ahmad pun mengikuti.
Bagaimana kawan?
Aku sangat berterima kasih atas kebaikanmu. Seperti apa yang kukatakan kemarin. Aku tetap pada pendirianku. Aku tidak bisa ikut terbang seperti rajawalimu itu. Aku masih kerapan sapi. Berguling menggemburkan di atas tetanah ini. Apa adanya. Aku masih merasa nyaman melihat orang menepuk punggungku.
Mantapkah pilihanmu itu? Merengkuh pundak Syamsudin.
Senyumnya merekah. Menganggukkan kepala. Melepaskan rengkuhan dan menggenggam tangannya.
Aku tidak dapat memaksamu. Itulah jawabanmu. Itu adalah hidupmu. Sesegeralah kau berguling menggemburkan di atas tetanah ini. Lalu cepat kau hamburkan humus setiap penjuru tandusnya. Langit pun mengilhami menumpahkan rahmatnya.
Sekali lagi terimakasih. Maafkan aku. Begitu pula kau. Semoga kau mendapatkan hidup dan cintamu itu. Aku yakin rajawalimu, memiliki sembilan lebih pundi-pundi nafas. Kau akan terbang ke puncak hasratmu.
Bismillahi….. 
Memang cukup rumit baginya yang tak pelak jika jauh di negeri asing. Pengalaman lalu yang pernah di letakkan Tuhan di atas jajaran roda. Membuatnya sedikit berbeda dengan pemuda di sekitarnya. Malas bukan tapi santai barangkali. Sangat santai hingga susah diajak susah. Sejak ayahandanya pergi meninggalkan keluarga. Tak ada lagi yang dapat memanjakannya. Seusia pemuda segar dengan kebiasaan lamanya yang nyaman kini masih terbawa. Sukanya nongkrong di poskamling dari pagi hingga sore. Habis magrib hingga tengah malam. Berdendang ria ala seniman jalanan. Pinggir jalan tepatnya. Inilah pekerjaannya mengisi waktu. Pernah ada yang berbaik hati mengajaknya menjadi pramuniaga di ibu kota. Memang dia mengikut. Tapi selang tiga minggu kabur. Pulang menggali lubang. Beban lagi bagi keluarga. Inilah alasanku mengajaknya merantau. Ternyata Syamsudin bergeming. Dia memiliki jalan hidupnya sendiri.
#####

Masih risau langkah ini. Bukan karena ragu atas arahku. Sebab tak habis pikir juga pada Syamsudin. Apa lekanya mengurung dalam tempurung. Yang ada hanya semakin renta semakin liat terkungkung. Beban juga negeri ini. Heran lagi keningku. Jika hidup harus menunggu negeri memberi. Apalagi hakikat yang penting kumpul. Mengertikah arti kumpul. Tanya kesal batinku menggerutu. Seolah ingin mengubah adat orang-orang tanah tandus yang sukanya mengembara. Sebab negerinya ahang. Tak pukau pembawaannya garang. Dunia pun mengenalnya dari gelagat gersang ini. Ada yang menerima, mencaci, atau terkekeh aneh, juga rancak kagum. Pantas sudah berduyun menyerbu negeri asing. Tak lain dan tak bukan yang dicari adalah percikan. Tempat menyebulnya bercak-bercak mata air. Dari pelosok daratan, tepi tanjung, hingga urban.
Hangatnya pengembaraan kadang lupa daratan. Beranak-pinak. Sampai lupa bahasa ibu. Sepertihalnya yang telah kutemukan ketika mejeng di pasar baru. Logatnya lucu aku tau. Lagak bicaranya tinggi tapi kering. Dapat kutebak saudaraku yang terlantar. Inilah benih-benih ibu yang tumbuh dari mata air di negeri asing. Miris ngilu aku mendengar keluh. Kala rusuh menimpa saudara-saudaraku di perantauan. Tak tau berpulang. Pun lupa jalan pulang karena tak ada atap lagi berteduh. Inilah yang membedakan rajawali dengan ular naga memburu mata air. Biasanya rajawali menggalinya dengan peluh. Ular naga hanya menyerut lalu meneguknya.
Memang indah berkelana. Mengadu nasib melawan kemarau. Sayang, Syamsudin tak dapat mengecap asam garam bersamaku. Yang tentunya banyak cerita untuk ibu dengarkan. Apalagi mata air ini hablur berkilauan. Kurencanakan sebagai penyeka air matanya. Lalu bertatap mesra bersama kekasih. Waktu ingin kuhentikan peredarannya. Tak pernah habis kemut bibirku. Rautnya riang bukan kepalang. Aku pun girang. Bayangku.
#####

Bertahun sudah di negeri asing. Karatan dalam tubuh merekat melawan masa. Tak pernah terlepas segenggam tanah tandus dalam sanubari. Rekat sekali tetesan air mata ibu pada pipiku. Saat melepas pelukannya di dermaga. Aku pun terhanyut dalam buaian sendu. Inginku kabarkan bahwa tak ada yang berubah denganku. Pencarian mata air ini untuk melepas perihmu. Hanya saja belum sempat aku taburkan benih-benih untuk tanah tandus ini baginya. Sepucuk rindu untuk Salimah. Sabarlah menunggu. Aku berjanji akan membawakan mata air juga untuknya. Yang kusematkan di jemari manisnya. Bulan sebelum syawal. Bersama zakatnya pula. Ucapan orang tandus tak pernah pupus sayang. 

Bertenanglah di pondokmu. Nanti akan kujemput bersama penghulu sekalian.
Saatnya kukemas. Setelah bongkahan mata air kupadatkan dalam mata rajawali ini. Sayapku terlalu lebar menyapung pundi-pundi nafas. Saatnya kulepas kepakkan di udara. Langit biru mengharu. Mega putih melayang tertatih. Hembusan hangat angin menghantarku pulang ke peraduan. Mimpiku tentang humus Syamsudin di halaman. Karena ada musim baru yang katanya masih belum laku di pasaran. Tentang modernisasi yang dikehendakkan pemerintah. Yang berjuta rupiah dibangunnya. Pembangunan nan pemakmuran. Tokoh adat terlalu berburuk sangka menentang. Mubazir. Mata air di tanah tandus masih keringnya. 

Angin demi angin semilir di haluan. Masih tegap dalam apungan. Rajawali melangkahi ranting-ranting yang memerah darah. Banyak burung menangis tak mengerti lagi indah hidup. Aku bersaksi saja. Tak mampu aku menggapai angan. Apakah ibu kehilangan rasa seperti burung-burung yang kulihat. Semoga ini ilusi pikirku. Dari kemarau yang  tak pernah kompromi memekikkan leher.
Benar pula…dermaga yang masih megah berganti beton perkasa bersambung. Tak ayal atmosfir ini bagai kabut disertai embun kala pagi. Tapi masih saja suka merantau. Hanya demi percikan keringnya tandus. Mubazir. Ketidaksepahaman. Ketidakdewasaan. Takut. Tandus tetap saja tandus. Lebih baik membangun tandon agar dapat ditumpahkan airnya. Melesapkan benih-benih bebijian kala hujan tak lagi berkerabat.
#####

Dalam duga yang merayap-rayap. Tentang halaman rumah dan hamparan batu-batu laut. Putih berongga-rongga. Tebing tegalan yang rapi susunan batu besar, tanggung, bersetubuh. Mengusung kokoh batas tanah dengan pondasi rumah joglo yang beratap menjulang. Gema wewangi melati di pekarangan musim hujan. Gagang pintu simetris kelabu. Seperangkat patung topeng merah kuning emas menjelma keramat dinding ruang tamu. Kursi dan lemari kayu ulin, jati. Warisan buyut yang konon rumah ini sudah ditinggali keturunan yang ketujuh. Aku.
Miris sekali saat ibu berkata dalam suratnya bahwa Rama sakit tertindih serpihan jati dek joglo menjulang. Paku perekat telah letih. Karatan dimakan tahun. Angin deras musim ini menggoyahkan hingga menghempasnya. Begitu juga dia rewel saat malam hari harus keluar rumah untuk sekedar cuci muka bertahajud. Perigi tidak di dalam joglo menjulang. Yang menyedihkan lagi, musim hujan keterlaluan. Memerahkan muka ibu. Arisan tahlilan gagal dihelat. Atap jingga retak, celahnya mengguyurkan bah. Maklum aku adalah yang ketujuh.
Pencarian mata air ini membuatku bermimpi lebih dari sekedar pelepas dahaga kerongkongan. Tapi apa yang telah kujanjikan saat bersua Syamsudin. Kini mewujudkannya. Paling tidak layak tempat berteduh dari angin dan hujan. Bersanding dengan pekarangan melati yang ranum. Ibu pun tenang tak perlu memerahkan mukanya.
Selamat datang anakku..
Ibu, aku merindukanmu. Keningku jatuh di pelupuk kakinya. Berai air matanya masih saja seperti dahulu. Tulus. Sentuhan jemarinya bak belaian Tuhan. Sungguh di perantauan. Wajahnya adalag energi yang menguatkan. Kini kumerengkuhnya.
Aku juga merindukanmu. Mengajakku bernostalgia dengan dinding topeng merah kuning emas yang masih angkuh di dinding yang rapuh oleh masa.
Anakku. Bagaimana kau di perantauan?
Baik-baik saja…
Hahh…cemasku lega, Nak. Dengus nafasmu masih tandus.
Sejenak kududuk tenang di kursi rotan lapuk. Siluet dalam benak tentang kelegaan ibu. Misteri nafas tandus. Nosi apa lagi. Ibu adalah permata yang kilaunya tempiaskan bianglala kala cahaya memendarkannya. Sapanya menyejukkan hati. Aku bangga terlahir dari rahimnya. Selalu saja ibu membiarkanku bermain dalam misterinya. Ini yang membuatku selalu tertantang. Mengajari tentang keputusan. Tanggung jawab. Aku pun menjadi orang yang tak biasa bergantung. Nilai agama dan hidup yang ibu tanamkan membuatku bandel. Bandel akan ajakan paman untuk menjadi pegawai negeri. Yang hanya butuh jiu shi saja. Ujar paman. Bagiku ini adalah taruhan angker institusi. Darah dagingku akan ditolak bumi. Kumemilih merantau.
Ahhh….apa teka-teki ini ibu. Benakku menguap.
Lama sudah aku tak membuatkan kopi pahit untukmu, Nak. Senyumnya tersibak tabir misteri  itu.
Terima kasih Bu. Ternyata bertahun di perantauan ibu tak pernah melupakan kopi pahit kesukaanku. Kopi pahit tentang getir hidup. Pekak kerongkongan. Namun membuatku melayang tenang dan semangat hidup.
Kau bersihkan tubuhmu dan beristirahat.
Kubiarkan sejenak misteri itu dalam benakku. Sesegera akan kupecahkan.
#####

Kala pagi. Kebiasaanku duduk di teras depan rumah. Secangkir kopi pahit buatan ibu. Sementara lalu lalang orang dari dan ke pasar tradisional sebelah utara rumahku. Tak henti-hentinya sapa salam-salaman dari kawan yang mengetahuiku balik. Tapi tak kunjung punggung Syamsudin menampakkannya. Tiba-tiba kudengar sesuatu di samping rumahku. Percakapan seorang anak dengan temannya.
Aku mengerti tapi janggal saja. Sedari kanak-kanak tak lagi berbahasa ibu. Layaknya masa laluku saat ibu menghantamku dengan sapu lidi agar berbahasa lembut kepada yang lebih tua. Nah, kini lebih parah lagi berlagak pesinetronan. Seperti yang kutemui di perantuan. Gayanya yang perlente. Gengsi tak karuan. Kehilangan jati diri. Tak heran bahasa krama tinggal nama pelajaran sekolah tingkat dasar. Bahasa bagi yang renta. Jika tak terpakai lagi barangkali jadi rongsokan.
Tak tersadar juga alunan merdu Pajjar Laggu di rumah H. Samman berubah dentuman hiphop dancing rock cadas. Maklum putri metal H. Samman alergi lentingan angklung. Gendang telinganya lebih beresonansi dengan letupan drum daripada gong. Saat kuturuti langkah kaki penasaran ke sekitar. Kulihat tak dapat dibedakan rumah sapi ataukah manusia. Berlindung gemertap jingga yang elok. Jangan-jangan pesinden dan ludruknya diambang punah.
Teringat misteri ibu. Kelegaan setiba dari perantauan. Aku menyimpulkan jauh dari kasat mataku. Semoga saja tandus harus dibayar dengan humus yang bertaburan. Kenyataannya pekak ini semakin mencekik. Kerontang langit semakin membakar dadaku. Mata air tak kunjung menyebul. Kemarau berkepanjangan atas dahaga jiwa yang kosong. Angin berkelebat tak tau arah. Memang sepi jika bukan ramadhan seperti saat ini. Karena ramai beradu nasib. Hanya saja popisitas yang terbawa di sini. Bukan percikan yang menyejukkan ubun-ubun. Menimbulkan gelagat gersang yang hangat.
Masa menempatkan manusia sebagai lakon. Perubahan adalah ciptaannya. Karena tidak ada yang stabil disetiap kedipan mata. Denyutan nadi. Detik waktu. Siapa yang bertahan dia adalah penjaganya bukan pemenangnya. Karena yang menang adalah selalu Tuhan. Tegas ibu menepuk punggungku yang termenung.
Aku hanya tersentak ternganga. Memang misteri ibu dapat kupecahkan. Tapi misteri hatiku gelap tak terlihat. Kering darah dalam pembuluh. Meraba-raba galau harap Salimah. Surat cintanya membuatku meneteskan air mata.



Penyajian Data Statistika

PENYAJIAN DATA.

Data dapat disajikan dalam bentuk daftar (tabel) atau gambar. Gambar meliputi kartogram (peta) dan diagram. Maksud dari penyajian data adalah untuk mempermudah membaca data. Kegunaan diagram antara lain untuk memperjelas dan mempertegas penyajian data.

1.   Diagram Lambang (piktogram)                          
     Piktogram lebih cocok  untuk menyajikan  data jika data tersebut menunjukkan jumlah (angka)yang besar.  Ukuran  harus  diperhatikan  pada piktogram.


2.   Diagram Lingkaran.

Diagram ini lebih cocok untuk menunjukkan perbandingan dingan jika data tersebut terdiri atas beberapa kategori. Dalam diagram lingkaran, lingkaran dibagi  atas  juring-juring sesuai dengan data yang disajikan. Luas masing-masing juring sebanding dengan  sudut  pusat lingkaran (atau panjang busurnya).                                



3.   Diagram Batang    
Diagram batang dilengkapi dengan skala dan kata-kata yang jelas sehingga ukuran ukuran data yang bersangkutan dapat dibaca dari diagram.

4.   Diagram Garis.                             

Diagram garis dipergunakan  untuk  menggambarkan perkembangan (pertumbuhan) suatu hal (kegiatan) dari waktu ke waktu secara terus-menerus.  Melalui  diagram  garis  ini  kita  sering  melakukan  interpolasi dan ekstrapolasi. Interpolasi   adalah  memperkirakan  nilai  diantara dua nilai.                                               
Eekstrapolasi   adalah  memperkirakan  nilai  yang akan datang.
5.  Tabel Distribusi Frekuensi.

Agar mudah memperoleh keterangan dari data Ada beberapa cara menyatakan sekumpulan data dalam Distribusi frekuensi, sbb:

a.    Distribusi frekuensi tunggal
Berikut adalah nilai matematika pada Raport Semester 2 dari 40 siswa Kelas X:
4 5 6 7 8 6 7 6 8 8 9 7 5 6 6 7 6 7 6 5 7 5 6 6 7 5 5 6 7 7 5 7 7 8 8 7 8 4 9 6



b.    Distribusi frekuensi berkelompok.

Berikut ini adalah hasil evaluasi (tes) mata pelajaran matematika kelas XI dari 40 siswa tersebar sebagai berikut.
75  84  60  68  53  70  67  57  67  70  76  63  68  66  67  64  44  34  62  60 
56  56  63  61  69  38  48 68  62  81   64  65  55  64  49  54  72  39  66  25

Daridata itu diperoleh ukuran paling rendah (minimal ) ..... dan ukuran paling tinggi (maksimal) ........
Selisih ukuran tertinggi dengan ukuran terendah disebut Jangkauan 
Jika data akan di susun dalam tabel distribusi frekuensi, anda ikuti langkah sbb:

1). Semua ukuran harus termuat dalam kelas-kelas interval. Ukuran minimum termuat dalam kelas-kelas interval terendah (tidak perlu menjadi batas bawah),  Ukuran maksimum termuat dalam kelas interval tertinggi (tidak perlu menjadi batas atas).
2). Tentukan range / jangkauan (J) = nilai maksimum – nilai minimum.

3). Tentukan banyaknya kelas interval dengan rumus k = 1 +3,3 log n;  n = banyak ukuran (data)    ,k = banyak kelas.
4). Tentukan lebar kelas dengan rumus  


Data itu disusun dalam tabel sebagai berikut.:
 
Jangkauan = .........
Banyanya kelas interval :


Dari kelas interval 1:   24 – 32 dapat diidentifikasi beberapa hal, sbb:
    24 disebut batas bawah kelas  , 32 disebut batas atas kelas.
            24 – 0,5  = ......  disebut tepi bawah kelas.
            32 + ...... = ......  disebut tepi atas kelas.

c.  Menyusun Daftar Distribusi Frekuensi Kumulatif.

    Jumlah frekuensi yang memiliki nilai kurang dari batas nyata (tepi atas) suatu       inteval tertentu disebut frekuensi kumulatif kurang dari  (fk kurang dari).

    Jumlah frekuensi yang memiliki nilai lebih dari batas bawah tepi (tepi bawah) interval tertentu disebut frekuensi kumulatif lebih dari (fklebih dari).

    Tabel frekuensi kumulatif :
    Lihat tabel  ”Hasil evaluasi matematika kelas I”  pada sub bagian b:

 d.  Histogram dan Poligon frekuensi.

Suatu diagram yang menyajikan data yang disusun dalam kelas-kelas interval (distribusi frekuensi) dalam bentuk batangan persegi panjang disebut Histogram.
Jika titik-titik tengah sisi atas persegi panjang pada histogram di hubungkan, maka diperoleh sebuah poligon frekuensi. Agar poligonnya tertutup, maka sebelah kiri dan kanan histogram ditambahkan dengan satu kelas interval lagi dengan frekuensi nol.




pengumpulan data statistika

PENGUMPULAN DATA.

Macam – macam cara pengumpulan data, antara lain:
1.    Penelitian lapangan (pengamatan langsung ) atau observasi.
    Pengumpulan data dilakukan langsung mengadakan penelitian ke lapangan atau laboratorium terhadap suatu objek penelitian.

2.    Wawancara (interview).
    Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada objek atau kepada orang yang mengetahui persoalan objek.

3.    Angket (kuesioner).
    Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar isian atau suatu daftar pertanyaan yag telah disiapkan dan disusun oleh peneliti sedemikian rupa sehingga nantinya di dapatkan jawaban atau isian yang dikehendaki.

4.   Media cetak atau elektronika, dll.




Bentuk data statistika

Darri segi bentuknya, data dapat dibedakan sebagai berikut :
1.    Data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk bilangan.
      Misalnya, data tentang ukuran tinggi badan, data tentang upah buruh,  dll.
2.    Data kualitatif, yaitu data yang tidak berbentuk bilangan.
      Misalnya data tentang pekerjaan orang tua murid, data tentang mutu barang, (apakah kualitasnya tinggi, sedang atau rendah ).




Tindakan saat terjadi gempa bumi

1. Bila Anda berada dalam bangunan, cari tempat perlindungan, misalnya di bawah meja yang kuat. Hindari jendela dan bagian rumah yang terbuat dari kaca. Gunakan bangku, meja atau perlengkapan rumah tangga yang kuat sebagai perlindungan

2. Tetap di sana namun bersiap untuk pindah. Tunggu sampai goncangan berhenti dan aman untuk bergerak.

3. Menjauhlah dari jendela kaca, perapian, kompor atau peralatan rumah tangga yang mungkin akan jatuh. Tetap di dalam untuk menghindari terkena pecahan kaca atau bagian-bagian bangunan.

4. Jika malam hari dan Anda di tempat tidur, jangan lari keluar. Cari tempat yang aman di bawah tempat tidur atau meja yang kuat dan tunggu gempa berhenti. Jika gempa sudah berhenti, periksa anggota keluarga dan carilah tempat yang aman. Ada baiknya kita mempunyai lampu senter dekat tempat tidur. Saat gempa malam hari, alat murah ini sangat berguna untuk menerangi jalan mencari tempat aman, terutama bila listrik padam akibat gempa. Lilin dan lampu gas sangat berbahaya, dan sebaiknya tidak digunakan

5. Jika Anda berada di tengah keramaian, cari perlindungan. Tetap tenang dan mintalah yang lain untuk tenang juga. Jika sudah
aman, berpindahlah ke tempat yang terbuka, jauh dari pepohonan besar atau bangunan. Waspada akan kemungkinan
gempa susulan.

6. Jika Anda di luar, cari tempat terbuka, jauh dari bangunan, pohon tinggi dan jaringan listrik. Hindari rekahan akibat gempa yang bisa sangat berbahaya.

7. Jika Anda mengemudi, berhentilah jika aman, tapi tetap dalam mobil. Menjauhlah dari jembatan, jembatan layang atau terowongan. Pindahkan mobil jauh dari lalu lintas. Jangan berhenti dekat pohon tinggi, lampu lalu lintas atau tiang listrik.

8. Jika Anda di pegunungan, dekat dengan lereng atau jurang yang rapuh, waspadalah dengan batu atau tanah longsor yang runtuh akibat gempa.

9. Jika Anda di pantai, segeralah berpindah ke daerah yang tinggi atau berjarak beberapa ratus meter dari pantai. Gempa bumi dapat menyebabkan tsunami selang beberapa menit atau jam setelah gempa dan menyebabkan kerusakan yang hebat.





Kamis, 12 Agustus 2010

Dampak Gempa Bumi

Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan sarana seperti bangunan,
jembatan dan jalan-jalan yang besar dan luas. Gempa juga dapat diikuti bencana alam berbahaya seperti tanah longsor dan tsunami (silakan baca bagian tanah longsor dan tsunami pada buku ini). Korban jiwa biasanya terjad karena tertimpa bagian-bagian bangunan roboh atau obyek berat lain seperti pohon dan tiang listrik. Orang sering terperangkap dalam bangunan runtuh.

Gempa bumi sering diikuti oleh gempa susulan dalam beberapa menit, jam, hari atau bahkan minggu setelah gempa yang pertama, walaupun sering tidak sekuat yang pertama. Ancaman gempa susulan adalah runtuhnya bangunan yang telah goyah dan rusak akibat gempa pertama. 




Penyebab gempa bumi

Gempa bumi terjadi karena gesekan antar
lempeng-lempeng tektonik di bawah permukaan
bumi. Pergesekan ini mengeluarkan energi yang
luar biasa besar dan menimbulkan goncangan di
permukaan. Indonesia sangat rawan gempa karena
secara geografis berada dekat dengan lempenglempeng
yang aktif dan saling berhubungan satu
sama lain, serta karena adanya gunung-gunung berapi
yang aktif.




RUMUS MATEMATIKA

FUNGSI ALJABAR
ò xn dx = 1/n+1 xn+1 + c ; n ¹ -1


FUNGSI TRIGONOMETRI
ò sin x dx  = - cos x + c
ò cos x dx = sin x + c

sifat-sifat:
a.
ò c f(x) dx = c ò f(x) dx
b. ò ( f(x) ± g(x) ) dx = ò f(x) dx ± ò g(x) dx
c. jika    
ò f(x) dx = F(x) + c
  
maka  ò f(ax) dx = 1/a F(ax) + c
             
ò f(ax+b) dx = 1/a F(ax+b) + c





Rabu, 11 Agustus 2010

BACAAN SETELAH WUDHU’

أَشْھَدُ أَنْ لاَ إِلَھَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِیْكَ

لَھُ وَأَشْھَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا

عَبْدُهُ وَرَسُوْلُھُ

“Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq
kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-
Nya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba
dan utusan-Nya”.




DO’A MASUK WC dan DO’A KELUAR DARI W.C

do'a masuk wc

(بِسْمِ اللهِ)
 اَللَّھُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

“Dengan nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya
aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki
dan perempuan”.


Do'a Keluar WC

غُفْرَانَكَ
 “Aku minta ampun kepada-Mu”.




DO’A BAGI ORANG YANG MENGENAKAN PAKAIAN BARU

تُبْلِي وَیُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى


”Kenakanlah sampai lusuh, semoga Allah ta'ala
memberikan gantinya kepadamu.

اِلْبِسْ جَدِیْدًا، وَعِشْ حَمِیْدًا، وَمُتْ شَھِیْدًا

8.“Berpakaianlah yang baru, hiduplah dengan
terpuji dan matilah dalam keadaan syahid”.




Selasa, 10 Agustus 2010

DO’A KETIKA MENGENAKAN PAKAIAN BARU

اَللَّھُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِیْھِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَیْرِهِ وَخَیْرِ مَا
صُنِعَ لَھُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَھُ

“Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkaulah
yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon
kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan
kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku
berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan
kejahatan yang ia diciptakan karena-nya”




DO’A KETIKA MENGENAKAN PAKAIAN

 اَلْحَمْدُ لِلَّھِ الَّذِيْ كَسَانِيْ ھَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقَنِیْھِ مِن غَْیْرِ حَوْلٍ
مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ




“Segala puji bagi Allah Yang telah memberikan
pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-pada-Nya
tanpa daya dan kekuatan dari-ku."




Do'a bangun tidur

الْحَمْدُ لِلَّھِ الَّذِي أَحْیَاناَ بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَیْھِ النُّشُوْرِ

“Segala puji bagi Allah Yang membangunkan kami
setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami
dibangkitkan”




Agar terhindar dari bahaya sihir


1.      Membaca Ayat Kursi
Dalam hadits shahih disebutkan:
“Barang siapa yang membaca ayat kursi pada malam hari, Allah Swt senantiasa menjaganya, dan setan tidak mendekatinya sampai subuh”.
2.       Membaca Surat Al-Ikhlas (Qulhu), Al-Falaq(Qul ‘audzu bi Rabbil Falaq…), dn An-naas (Qul’audzu bi Robbin naas…) tiap kali selesai sholat 5 waktu. Untuk setiapba’da shubuh dan ba’da maghrib maka surat itu masing-masing dibaca 3 kali, itu sesuai hadits riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i.
3.       Membaca dua ayat terrakhir Surat Al-Baqoroh (ayat 285 dan 286, Aamanuu rasuulu…. sampai fanshurnaa ‘alal qaumil kafiriin). Pada permulaan malam. Rasulullah Shollallohu Alaihi wa Sallam bersabda :
” Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqoroh pada malam hari, maka cukuplah baginya.” (Muttafaq Alaih)
4.      Banyak Berlindung dengan Kalimat-kalimat Allah Swt yang Sempurna.
Sabda Rasulullah Saw :
“Barang siapa yang singgah di suatu tempat dan dia mengucapkan, a’udzu bi kalimatillahit taaammaatimin syari maa kholak. ‘Aku berlindung kepada Allah yang sempurna dari kejahatan mahluk ciptaan-Nya,’ maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakannya sampai ia pergi dari tempat itu.” (H.R. Muslim)
5.      Membaca Do’a di bawah ini 3 Kali pada Pagi dan Menjelang Malam:
Bismillahil Ladzi laa yadhurru ma’asmihi syay-un fil ardhi wa laa fissamaai wa huwas sami’ul ‘aliim. “Dengan menyebut nama Allah, tidak ada yang membahayakan bersama nama-Nya sesuatu apapun yang ada di bumi dan di langit, Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” (H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi)





Do'a menyembuhkan penyakit yang di sebabkan oleh sihir

Doa-doa berdasarkan riwayatyang kuat dari Rasulullah Saw untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh sihir dan lain sebagainya adalah sebagai berikut:

Allahumma roban naasi mudzhibal ba’- sisyfi antasyafii laa Syifaa-a Illaa syifaauka Syifaa-an laa Yughodiru saqoman
” Ya Allah, Tuhan segenap manusia …! Hilangkan lah sakit dan sembuhkanlah, Engkau Maha Penyembuh, tidak ada penyembuhan melainkan penyembuhan dari-Mu, penyembuhan yang tidak menimbulkan penyakit.” (H.R. Bukhori)




Pengobatan sihir bagi laki-laki yang tidak dapat berjimak (bersetubuh) dengan isterinya


Pengobatan sihir bagi laki-laki yang tidak dapat berjimak (bersetubuh) dengan isterinya yaitu:
1. Ambil tujuh lembar daun bidara yang masih hijau, ditumbuk atau digerus dengan batu atau alat tumbuk lainnya,
2. Masukkan ke dalam bejana atau wadah,
3. Tuangkan air ke dalam wadah tersebut secukupnya untuk mandi.
4. Bacakan pada wadah atau bejana tersebut :
- Ayat Kursi (Al-Baqoroh:255)
- Surat Al-Kafiruun
- Surat Al-Ikhlash
- Surat Al-Falaq
- Surat An-Naas
- Ayat-ayat sihir dalam surat Al-A’raf (117-119)
- Surat Yunus (79-82)
- Surat Thoha (65-69)
5. Setelah selesai membaca ayat tersebut, hendaklah gerusan daun bidara yang diberi air itu diminum sedikit airnya, dan sisanya dipakai untuk mandi.
Kegunaan lainnya yaitu untuk mencari barang yang dijadikan sarana sihir (bundelan atau benda aneh di sekitar rumah dsb) lalu dimusnahkan.





Sabtu, 07 Agustus 2010

Mengembalikan kemurnian tauhid




         Untuk mnegembalikan kemurnian Tauhid tersebut, makam-makam yang banyak dikunjungi dengan tujuan mencari syafaat, keberuntungan dan lain-lain yang membawa kepada paham syirik, mereka berusaha menghapuskan paham ini. Pemikiran Muhammad Abdul Wahab yang mempunyai pengaruh pada perkembangan pemikiran pembaharuan di abad ke-19 adalah:
  • Hanya Al qur’an dan Hadis yang merupakan sumber asli ajaran-ajran Islam. Dan pendapat ulama’ bukanlah sumber, menurut paham wahabiyah.
  • Taklid kepada ulama’ tidak dibeanarkan.
  • Pintu ijtihad senantiasa terbuka tidak tertutup.
        Muhammd Abdul Wahab merupakan pemimpin yang aktif berusaha mewujudkan pemikiranya. Ia mendapat dukungan dari Muhammad Ibnu Su’ud dan putranya Abdul Aziz. paham-pahamnya tersebar luas dan pengikutnya bertambah banyak sehingga ditahun 1773 M mereka mendapat mayoritas di Riyadh. Pada tahun 1787 Muhammad Abdul Wahab meninggal, namun ajaran-ajaranya tetap hidup dan mengambil bentuk aliran yang dikenal dengan nama Wahabiyah.




Penyebaran agama Kristen di bawah kekuasaan islam


Perkembangan Ajaran Islam Pada Saat Itu Meliputi , Ilmu Pengetahuan Dan Kebudayaan.
    1. Pada Bidang Akidah
        Salah satu pelopor pembaruan dalam dunia islam barat adalah suatu aliran yang bernama Wahabiyah sangat berpengaruh di Abad KE-19. Pelopornya adalah Muhammad Abdul Wahabiyah (1703-1787) yang berasal dari Nejed, Saudi Arabia. Pemikiranya adalah upaya memperbaiki keadan umat Islam dan merupakan reaksi dari paham tauhid yang terdapat dikalangan Umat Islam saat itu. Dimana paham-paham tauhid mereka telah tercampur dengan ajaran-ajaran lain sejak abad ke-13.
         Adapun aliran yang menyeleweng pada saat itu orang-orang yang sering meminta pertolongan atau bantuan kepada makam-makam Syeh yang telah meninggal. Adapula yang meminta pertolongan untuk menyelesaikan masalah sehari hari, meminta anak, jodoh bahkan ada yang meminta kekayaan. Paham ini menurut paham wahabiyah termasuk syirik karena permohonan dan doa tidak lagi di panjatkan kepada Allah.
Masalah Tauhid merupakan ajaran yang paling dasar dalam Islam. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila Muhammad Abdul Wahab memusatkan perhatianya pada persoalan ini.
Adapun pokok-pokok pemikiranya adalah:
-       Yang harus disembah hanyalah Allah dan orang-orang yang menyembah selain Allah dinyatakan  
         Musyrik.
-       Kebanyakan orang islam bukan lagi penganut paham Tauhid yang sebenarnya karena mereka meminta
         pertolongan kepada selain Allah, melainkan kepada Syeh, Wali atau kekuatan gaib. Orang Islam yang
         berprilaku demikian juga dikatakan musyrik.
-       Menyebut nama Nabi, Syeh atau malaikat sebagai pengantar dalam doa juga dikatakan syirik.
-       Meminta syafaat selain kepada Allah juga syirik.
-       Bernazar kepada selain Allah juga syirik.
-       Memperoleh pengetahuan selain dari Al-qur’an, Hadis dan Qiyas merupakan kekufuran.
-       Tidak mempercayai kepada Qada’ dan Qadar juga mmerupakan kekufuran.
-       Menafsirkan Al-qur’an dengan Ta’wil atau interpretasi bebas juga termasuk kekufuran.




Penjajahan Barat Ketimur Tengah


Kemajuan bangsa Barat dalam berbagai bidang telah membuat kerajaan Turki menjadi kecil dihadapan Eropa. Akan tetap kebesaran nama Turki Usmani membuat bangsa Eropa segan menyerang kekuatan Usmani, namun kekalahan Turki Usmani dalam pertempuran di Wina pada 1783 M, membuka bangsa-bangsa Eropa bahwa kekuatan Turki Usmani telah mundur jauh. Kekalahan Turki dalam setiap pertempuran, menyebabkan wilayah satu persatu wilayah Islam yang berada di bawah kekuatan Turki Usmani memisahkan diri. Tidak hanya  itu, wilayah yang  dulunya berada dibawah kekuaaan Turki Usmani, diambil oleh bangsa-bangsa Barat. (Badri yatim, 2004 : 165-169)
Penetrasi bangsa Barat atas dunia Islam di Timur Tengah, pertama kali dilakukan oleh Inggris dan Perancis, dua Negara Eropa Barat yang tengah bersing. Inggris pertama kali menguasai India karena pesaing itu Perancis berusaha memutus komunikasi antara Iggris dibarat dan India Timur. Oleh karena itu pintu gerbang ke India, yaitu Mesir harus berada di wilayah kekuasaanya. Untuk maksud tersebut, Mesir ditaklukan Perancis pada 1798 M. jatuhnya wilayah Islam ketangan Bangsa Barat menandai kemunduran umat Islam. Sejak saat itu, masarakat muslim melakukan perlawanan dan pemberontakan terhadap penjajahan yang dilakukan bangsa Barat. (Badri Yatim, 2004 : 169-170)
Selain itu, Negara-negara yang ikut menjajah wilayah Timur Tengah adalah Spanyol dan Portugis. Adapun  Beberapa faktor yang dilakukan oleh bangsa Barat dalam menjajah Timur Tengah  adalah





PEMBAHARUAN ISLAM


  1. Pengertian Istilah Pembaharuan
Istilah pembaharuan ini, oleh Harun Nasution cenderung menganalogikan istilah “pembaharuan” dengan “modernism”, karena istilah terahir dalam masyarakat barat mengandung arti pikiran., aliran, gerakan dan usaha mengubah paham-paham istiadat, institusi lama dan lain sebagianya untuk disesuaikan dengan suasana baru yang ditimbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi modern. Gagasan ini muncul di barat dengan tujuan. Menyesuaikan ajaran-ajaran yang terdapat dalam agama Katolik dan Protestan dengan ilmu pengetahuan modern.
Menurut paham Revivalisasi, pembaharuan adalah membangkitkan kembali Islam yang  murni (maksud disini tetap dalam kontek pembaharuan dalam Islam) sebagai mana yang telah pernah dicontohkan Nabi dan kaum Salaf.
Dalam kamus Oxford pembaharuan dikenal dengan istilah resurgence diartikan sebagai kegiatan yang muncul kembali. Pengertian ini mengandung tiga hal:
  1. “Suatu pandangan dari dalam”dimana suatu cara  kaum muslimin melihat bertambahnya dampak agama diantara para penganutnya. Sehingga keberadaan Islam disini menjadi penting kembali. Dalam artian memperoleh kembali prestasi  dan kehormatan dirinya”
  2. “Kebangkitan kembali” menunjukan bahwa keadaan tersebut telah terjadi sebelumnya. Jejak Nabi dan para pengikutnya dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap pemikiran orang-orang yang menaruh pada jalan hidup umat islam.
  3. “Kebangkitan kembali sebagai suatu konsep” mengandung paham tentang suatu tantangan, bahkan suatu ancaman terhadap pengikut pandangan-pandangan lain Penjajahan Bangsa Barat Atas Dunia Islam
Ketika berada dibawah kerajaan Islam Mughal, India merupakan negeri yang cukup kaya hasil pertaniannya. Kekayaan inilah ynag menyebabkan para pedagang Eropa datang. Kedatangan mereka bukan hanya untuk berdagang, tetapi juga untuk memonopoli perdagangan dan menguasai negeri. Pada awal abad ke-17 M, Inggris dan Belanda mulai memasuki wilayah India. Ada tahun 1611 M, Inggris mendapat ijin menanamkan modal, dan pada tahun 1617 M, Belanda mendapatkan ijin yang sama.
Pada tahun 1761 M para penguasa di wilayah tersebut berusaha melakukan penawanan untuk mempertahankan wilayah kekuasaanya. Tapi mereka tidak mampu mengalahkan kekuatan pasukan Inggris. Ahkirnya daerah Quth Bengal dan Orissa  jatuh ketangan Inggris.  Kemudian pada tahun 1803 M, pusat kerajaan Islam Mughal, Delhi, bereda dibawah bayang-bayang Inggris. Inggris menggunakan kekuatan Sikh Hindu untuk melawan kekuatan Mughal Dengan bantuan kekuasaan tersebut, ahkirnya Inggris dengan leluasa mengembangkan sayap kekuasaanya di anak benua India dan sekitarnya.
Pesaing terbesar pedagang Islam adalah Inggris. Sejak datang kewilayah Asia Tenggara, hususnya di semenanjung Malasyia, Inggris mulai mendominasi perdagangan  dan politik. Persaingan itu terlihat dari usaha masing-masing yang ingin merebut hasil rempah-rempah. Penjajah bangsa-bangsa Barat ini baru berakhir pada abad ke-20 M setelah masing-masing wilayah melakukan pemberontakan dan memerdekakan diri. (Murodi, 2008: 177-179)




ZAMAN DICERNAKANNYA UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN ISLAM

ZAMAN DICERNAKANNYA UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN ISLAM

          Pada awalnya tersebut adalah perkembangan lembaga pendidikan ke-Islam-an Islam Dalam Kurun Moderen. Terjemahan. Jakarta Seseorang akan dipandang kuno atau primitif jika memilih menerapkan metode-metode yang usang, yang ditemukan berabad-abad yang lalu dan bukan metode hasil penemuan riset yang modern, berdasarkan data dan penemuan ilmiah. Mengatasi tantangan-tantangan itu agar kita tetap berpegang pada Sunnah Rasulullah Saw bukan pekerjaanyang gampang bagi umat Islam di zaman sekarang ini. Mereka bukan hanya harus menjaga keyakinan agama mereka dari gerusan modernisme dan dari godaan.

         Masjid memang tak bisa dilepaskan dari sejarah perkembangan Islam maupun ritual-ritual peribadatan umat Islam. Di masjid inilah kegiatan ritual haji berpusat. Selain Ka'bah yang mempunyai daya sedot ribuan buat bagi hati yang ini dalam perwujudannya sekarang nampak mesra berdampingan dengan kecanggihan teknologi sebuah bangunan yang modern. Sejak zaman Rasulullah SAW sampai sekarang, perbaikan, perluasan dan penyempurnaan terus dilakukan dari waktu ke waktu. Labels: Artikel Islam. InfoPalestina.Com — 


        Berdasarkan data yang dipublikasikan belakangan, sebanyak 2 juta orang Palestina yang tinggal di wilayah Palestina terjajah hidup di bawah garis kemiskinan. Namun data lain yang lebih berbahaya dari ini dan belum (Di dunia modern) zaman sebelum batu ini, arang tidak harus batu bara saja, meski dengan klaim-klaim ilmiyah dan perkembangan teknologinya, namun ia adalah arang manusia, bahkan ia adalahorang Arab secara khusus.



ISLAM DAN PERADABAN MODERN



Kehidupan yang semakin hari semakin banyak perubahan, tidak lebih dari sebagian orang yang menyangsikan akan adanya sesuatu yang mungkin bakalan terjadi dalam kehidupan manusia, sebuah fitrah yang muncul dalam sisi kehidupan manusia berharap akan adanya sesuatu yang merubah kehidupan manusia.
Islam adalah suatau Agama yang sempurna yang Allah berikan kepada umat nabi Muhammad sebagai penerang jalan kehidupan manusia, dari jalan kejahiliyahan menuju jalan yang terang benderang, jalan yang Allah janjikan kepada orang-orang yang diridoinya, Islam Allah berikan kepada manusia, agar manusia tidak tersesat dengan adanya harta kekayaan dunia, dan Allah berharap manusia selalu menjunjung tinggi sebuah nilai keagamaan, baik dari sikap tingkah laku manusia atau akhlak, iman, dan taqwa. Agama Islam yang begitu sempurna memberikan sebuah jawaban yang sangat real bagi manusia, sebuah jawaban tentang adanya kehidupan di alam lain yaitu syurga dan neraka, peristiwa maha mulia yang terjadi pada manusia,dengan dilihat oleh mata telanjang , beliau melihat tahapan-tahapan kehidupan dialam sana (alam akhirat), neraka dan syurga terlihat dengan jelas, dan penyebab mereka ada di sanapun memang sangat jelas, banyaknya dosa dan banyaknya pahala yang mereka lakukan akan menuntut mereka kedalam satu tempat yang sesuai dengan amalan mereka. Subhanallah…
Islam lahir kedalam dunia ini untuk menolong umat manusia dari kehidupan yang tidak berprikemanusiaan atau  kehidupan seperti halnya hewan, Islam diciptakan untuk menolong manusia dalam mengarungi kehidupan yang semakin modern, tapi akhlaknya semakin ambruk, disinilah Islam datang sebagai penolong, menjadikan hidup kita semakin berarti dan berguna, dalam tantangan zaman yang semakin berat,  akhir-akhir ini, banyak sekali cobaan yang menimpa saudara-saudara kita,  kita dizaman sekarang ini harus benar-benar bersabar dan tawakal kepada Allah marilah jadikan salat dan sabar sebagai pengendali kita dalam menghadapi cobaan dari Allah, bukan berarti Allah benci kepada kita, tapi sebenarnya Allah memberikan itu semua kepada kita karena sayang, Allah tidak inggin makhluknya berbuat semakin menjadi-jadi dan memberikan mereka sebuah makna dari cobaan itu.
Kehadiran Islam dalam hidup kita sangat diperlukan, dalam menghadapi sebuah zaman yang didalamnya sangat banyak sekali tantangan yang timbul akibat peradaban modern yang dibawa oleh orang-orang yang ada diluar sana,  coba kita lihat sekeliling kita banyak sekali perubahan tingkah laku manusia, dari segi akhlak maupun segi-segi yang lain, kehidupan manusia yang semakin modern merupakan suatu impian manusia, karena dengan kemoderannya itu akan mendapatkan sesuatu dengan fasilitas yang mudah dan mudah pula untuk mencapainya. Di kampung-kampung sudah banyak kita melihat orang-orang yang menggunakan HP (Hand Phone), HP merupakan bukti suatu kemajuan zaman yang sangat luar biasa, kita tahu bahwa HP itu fungsinya untuk menghubungkan pembicaraan antara satu orang pembicara dengan pembicara  yang lain dalam satu waktu yang bersamaan, dan kita tahu juga HP ini berfungsi untuk mengirim berita singkat dari satu orang ke orang yang lainnya (SMS), tapi apakah hanya itu yang bisadimanfaatkan dari HP, tentu saja tidak, ternyata para remaja yang masih duduk di SMP bahkan yang sedang duduk di bangku SD pun memanfaatkannya untuk melihat adegan-adegan video mesum, sungguh memang kalau Islam tidak datang sebagai penyelamat manusia, mungkin dunia ini sudah Allah hancurkan, tapi karena harapan itu datang kepada nabi kita Muhammad SAW akhirnya bumi ini masih tetap bertahan, walaupun Allah berjanji suatu saat bumi ini akan dihancurkan, dengan catatan manusianya sudah tidak lagi mengenal tuhannya, Naudzubillah min dalik.
Kita lihat bagaimana anak-anak sekarang yang memakai baju setengah jadi yang sebenarnya apa maksud dibalik semua itu, meminum minuman keras, maenan Narkoba, keluyuran malam-malam tak tahu maksud dan  tujuan,  dan ada yang mengatakan kalau tidak ikut acara seperti diatas dikatakan tidak gaul, keinggalan zaman dan lain sebagainya, padahal itu merupakan tantangan yang Allah berikan kepada manusia, dan semua itu akan terselesaikan dengan adanya Islam dalam jiwa mereka.
Sedang dalam Islam, sumber iptek terdiri atas materi dan juga akal sehingga manusia mampu menyingkap rahasia alam sebagai bukti paling akurat akan adanya Tuhan. Sejarah mencatat iptek pada zaman modern ini berkembang seiring dengan Dampak penerapan sains terhadap lingkungan, yaitu adanya pertumbuhan dan perkembangan persebaran penduduk dunia dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya, telah membawa dampak positif yaitu: sebagai peningkatan kemakmuran serta Makanya dalam teori negara Islam klasik yang terus dipelajari sampai sekarang, orang kafir atau orang non-muslim itu selalu menjadi warga negara kelas dua. Sementara dalam teori negara-negara modern, tidak ada warga negara yang Tdk bs tdk, pnafsiran atasnya memerlukan pengkajian 'yg menyesuaikan diri' thd konteks zaman terkini. Scr logis, tmpaknya ayat itu kmudian bersifat 'relatif'. Sampai pd tahap ini, jelas harus ada PEMBEDAAN antara PRINSIP KEBENARAN MUTLAK dgn jamanmodern » nama tokoh islam pada zaman tokoh abad pertengahan » makalah sejarah perkembangan islam dijaman moderen » perkembangan dunia islam pada abad 21 » artikel ilmu Freemasonry pada zaman modern dimulai dengan berdirinya Grand Lodge di London, Inggris pada tahun 1717. Sebagian peneliti Barat berkeyakinan bahwa Freemasonry sebenarnya sudah didirikan di Skotlandia pada abad ke-14, saat Ksatria Templar . Sejarah berdirinya dan berkembangnya Freemasonry yang berasal dari gerakan "Knights of Templar" (Satria Templar); yaitu organisasi yang tadinya berada dalam naungan gereja katolik pada zaman perang salib, namun pada perkembangan
Artikel lain : Filsafat, ilmu, mutazilah. Related Posts falsafah arti pengetahuan » tokoh - tokoh filsafat zaman agama tempatan untuk rujukan susulan ke jabatan agamaislam ARTIKEL - BAHAN KULIAH - BUKU-BUKU Melihat perkembangan zaman, dan sesuatu hal yang tidak dapat Razali Othman mengemukakan bahwa pada zaman keagungan Islam moderen, sejak awal abad ke-19 , peralihan, awal dan Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan modern di dunia Islam dalam upaya untuk menjawab tantantangan dan tuntutan zaman.Falsafah Islam: Unsur-Unsur Hellenisme di Dalamnya berasal dari dalam pikiran para teolog Arab zaman Indeks Paramadina | Indeks Artikel | Tentang Karyanya benar-benar menandai keberangkatan dari karya ilmuwan besar lainnya yaitu Isaac Newton, dan membantu untuk menginformasikan ilmu di balik banyak perkembangan teknologi besar dari zaman modern. 3. Karl Landsteiner (1868-1943) . ya sebenarnya sih lebih banyak ilmuan2 islam yg banyak berjasa bagi kemajuan perkembangan zaman sekarang,cmn mang mereka tidak ter-ekspos dan tertutupi dengan hadirnya ilmuan2 barat.. ya semoga kedepan kita akan selalu menghargai para PerkembanganIslam juga tercerminkan dalam perkembangan dialog oleh Islam yang dibangun oleh para ilmuwan Islam pada zaman ilmu yang baru setelah membaca artikel bapak Doktrin-doktrin itu dikembangkan oleh tokoh-tokoh pendiri fundamentalisme modern , yakni Hasan al-Banna, Abu A'la al-Maududi, Sayyid Quthb, Ruhullah Khumaini, Muhammad Baqir al-Shadr, Abd as-Salam Faraq, Sa'id Hawa dan Juhaiman al-Utaibi. ” . Mudah-mudahan Allah SWT memberi kekuatan kepada kita untuk mempertahankan iman dan pemikiran keislaman kita di tengah zamanyang penuh dengan fitnah ini. Amin. [Depok, 14 Desember 2007/www.hidayatullah.com]. Posted in Artikel Dalam artikel 1 dinyatakan, ”Perhimpunan itu ditentukan buat 29 tahun lamanya, mulai 18 November 1912. Namanya ”Muhammadiyah” dan tempatnya di Yogyakarta”. Sedangkan maksudnya (Artikel 2), ialah: a. menyebarkan pengajaran Igama mampu hidup di zaman modern tanpa terpecah kepribadiannya (Kuntowijoyo, 1985: 36). Lembaga pendidikan Islam ”modern” bahkan menjadi ciri utama kelahiran dan perkembangan Muhammadiyah, yang membedakannya dari lembaga pondok pesantren kala itu. PANDUAN HIBURAN DALAM ISLAM: Arkib : Artikel Tetapi zaman terus berubah sikap agama terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta revolusi sains dan teknologi moderen
Kumpulan berbagai macam artikel Islam fasa Kebudayaan senantiasa memperbaharui dirinya seiring dengan perkembangan zaman.
yang berkembang dalam sejarah Islam di Namun demikian, jelas sekali bahwa perkembangan wacana intelektual Islam ilmiah dan buku-buku ilmiah tentang Islam. Artikel
Kalo pertanyaan saya dibilang basi, sama juga dengan artikel yang ibu tulis ini. Karena apa? Sudah banyak yang melakukannya, dan sama sekali tidak bisa menghentikan perkembangan Kristen di negara-negara berkembang, bahkan sekarang mulai di negara-negarayang mayoritas muslim .. Apakah AlQuran/Islam itu dapat dan mampu atau 'compatible” dengan kemajuan zaman modern ini dan apakah mampu menjawab kompleksitas problem zaman modern? Salam. Balas tanggapan | Beri Nilai +1 -1